Breaking News in Indonesia

Jokowi Wajibkan Proyek Pemerintah Gunakan Produk Lokal

Jakarta, Indonesia —

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melarang para bupati di seluruh Indonesia untuk membeliĀ produk asing dalam rangka memenuhi kebutuhan proyek pemerintah. Pengadaan proyek pemerintah wajib menggunakan produk lokal.

Hal ini disampaikan kepala negara saat membuka Musyawarah Nasional V Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) di Istana Negara pada Jumat (26/3).

“Setiap proyek yang ada, program yang ada, harus, wajib, menggunakan produk lokal. Jangan sekali-kali membeli untuk proyek pemerintah itu membeli produk asing,” kata Jokowi.




Kepala negara menjelaskan larangan ini diberikannya agar proyek pemerintah bisa meningkatkan permintaan terhadap produk lokal. Apalagi, proyek pemerintah biasanya bernilai besar dan membutuhkan pengadaan produk dalam jumlah banyak.

“Untuk apa? Biar ada demand, biar ada konsumsi,” imbuhnya.

Menurutnya, bila permintaan terhadap produk lokal meningkat dari proyek pemerintah, maka konsumsi terhadap produk juga akan naik. Saat permintaan terus meningkat, maka industri mau tidak mau akan menambah kecepatan produksi mereka di pabrik.

Lihat juga:

Desain Proyek Ibu Kota Baru yang Berlanjut Tahun Ini

Hal ini akan membuat produktivitas industri meningkat. Begitu juga dengan tenaga kerja, akan terpakai dan bahkan bisa terserap lebih banyak.

“Kalau ada demand dan konsumsi naik, produksi di pabrik, produksi di industri juga akan meningkat, sehingga tidak ada yang PHK terhadap karyawannya,” jelasnya.

Sebelumnya, mantan gubernur DKI Jakarta itu memang sempat beberapa kali menggaungkan benci produk asing. Tujuan lain, agar banjir impor tidak terjadi di Indonesia.

[Gambas:Video ]

(uli/age)