Jokowi Soroti 110 Ribu Kasus Aktif Covid-19 Desember 2020

Farah

Presiden Jokowi menyoroti 110 ribu kasus aktif covid-19 sepanjang Desember 2020 yang meningkat dua kali lipat dari November.

Jakarta, Indonesia —

Presiden Joko Widodo menyoroti lonjakan peningkatan kasus aktif Covid-19 sepanjang bulan Desember 2020 yang menembus angka 110 ribu.

Jokowi meminta data ini menjadi perhatian para menteri Kabinet Indonesia Maju. Sebab menurutnya angka ini meroket dua kali lipat dari bulan November.

“Hati-hati, angka yang saya dapatkan di November itu 54 ribu kasus aktif dan di Desember naiknya drastis sekali menjadi 110 ribu. Tolong jadi catatan,” kata Jokowi dalam rapat terbatas bersama sejumlah menteri di Istana Negara, Jakarta, Rabu (6/1).

Mantan Wali Kota Solo itu juga menyampaikan data kedisiplinan protokol kesehatan. Menurutnya, masyarakat semakin tidak disiplin menerapkan imbauan pakai masker, jaga jarak, dan mencuci tangan.

Jokowi memerintahkan jajarannya untuk kembali menggencarkan kampanye protokol kesehatan. Dia menilai langkah itu bisa kembali menyadarkan seluruh pihak dalam menghadapi pandemi.

“Saya minta Komite dan Satgas agar ini diberikan tekanan lagi kepada komunikasi publik yang baik lewat tv, statement-statement sehingga kita jadi sadar kembali bahwa protokol kesehatan sangat sangat penting, terus kita lakukan,” ujar Jokowi.

Lihat juga:

Satgas Sebut Jokowi Akan Disuntik Vaksin yang Diizinkan BPOM

Sebelumnya, Indonesia mencatat 779.548 kasus positif Covid-19 per Selasa (5/1). Dari jumlah itu, baru 645.746 orang yang telah sembuh. Sementara 23.109 orang telah meninggal dunia dan sisanya masih menjalani perawatan.

Jakarta mencatatkan kasus terbanyak mencapai 192.899 kasus. Dari jumlah tersebut, sebanyak 15.376 merupakan kasus aktif.

Sedangkan, dari total kasus positif, sebanyak 174.131 orang dinyatakan sembuh, dan 3.392 orang meninggal dunia.

(dhf/psp)

[Gambas:Video ]


Next Post

PSI Minta Anies Terapkan Jam Malam dan Tes Antigen Pendatang

Jakarta, Indonesia — Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memperketat aturan pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi seiring lonjakan kasus Covid-19. “(Aturan yang bisa diterapkan Pemprov DKI) termasuk aturan pembatasan jam malam dan kewajiban untuk melakukan rapid test antigen bagi yang keluar masuk wilayah Jakarta,” kata […]