Jokowi: Pandemi Covid-19 Ajarkan Dobrak Cara-cara Lama

Farah

Jakarta, Indonesia —

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pandemi Covid-19 mengajarkan manusia untuk mendobrak cara-cara lama. Jokowi menilai pandemi mendisrupsi cara hidup semua orang.

Menurutnya, pandemi virus corona ini telah membantu mempercepat proses adaptasi manusia dengan segala urusan berbasis digital.

“Pandemi covid telah mengajarkan kita untuk mendobrak cara-cara lama. Yang dulu dianggap tabu, sekarang justru jadi cara hidup baru,” kata Jokowi saat menghadiri Sidang Terbuka Senat Akademik Dies Natalis ke-45 Universitas Sebelas Maret secara daring, Jumat (12/3).

Jokowi menilai pandemi mempercepat disrupsi yang telah dimulai dalam persaingan global. Ia menyebut dunia telah berubah begitu cepat saat ini.

Mantan wali kota Solo itu ingin Indonesia tidak tinggal diam. Ia pun meminta seluruh elemen bangsa tidak terjebak cara-cara lama.

“Tidak mudah melakukan disrupsi terhadap diri sendiri. Padahal, jika tidak berani mendisrupsi diri kita, akan didisrupsi oleh zaman yang sedang berubah dengan cepat,” ujar Jokowi.

Lihat juga:

Kubu AHY dan Moeldoko Saling Klaim AD/ART Demokrat

Jokowi berpesan kepada UNS untuk ikut mendobrak cara-cara lama. Ia meminta UNS memperbanyak agenda riset untuk memperbarui ilmu pengetahuan dan teknologi yang usang karena perkembangan zaman.

“Pengalaman panjang UNS selama 45 tahun saat ini sedang ditantang untuk berubah. Selamat berkreasi dan berinovasi dalam menghasilkan iptek dan mencetak talenta untuk menjawab tantangan kemanusiaan dan kemajuan bangsa demi Indonesia maju yang kita cita-citakan,” ujarnya.

Pandemi Covid-19 yang menyebar di seluruh belahan dunia telah terjadi setahun ini. Setidaknya, 1.403.722 orang di Indonesia terpapar Covid-19 sejak pasien pertama diungkap pada 2 Maret 2020.

Dari akumulasi jumlah tersebut, sebanyak 1.224.603 orang dinyatakan sembuh, 38.049 orang meninggal dunia, dan 141.070 orang lainnya masih dalam perawatan maupun isolasi mandiri.

Lihat juga:

Kubu AHY dan Moeldoko Saling Klaim AD/ART Demokrat

(dhf/fra)

[Gambas:Video ]


Next Post

Dugaan Penyebab Kecelakaan di Sumedang, Sopir Ikuti Peta Daring hingga Kondisi Jalan

Perjalanan pariwisata dan ziarah para siswa dan guru SMP IT Muawwanah, Cisalak, Subang berakhir tragis. Bus pariwisata Sri Padma Kencana yang ditumpangi mengalami kecelakaan di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu (10/3) malam. Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri Brigjen Pol Kushariyanto mengatakan, jalur alternatif yang menghubungkan Kabupaten Garut dan Sumedang melalui […]