Jokowi Minta Menteri Pastikan Bansos Diterima Masyarakat Desa

Farah

Presiden Jokowi memerintahkan jajaran menterinya untuk memastikan bansos terkait corona diterima oleh masyarakat desa.

Jakarta, Indonesia —

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajaran menterinya untuk memastikan bantuan sosial (bansos) yang disalurkan pemerintah diterima oleh masyarakat di desa. Pasalnya, desa dinilai menjadi penyangga perekonomian di tengah pandemi virus corona (covid-19).

Jokowi menjelaskan pandemi corona bukan hanya menyerang perkotaan, tapi juga pedesaan. Ketika krisis terjadi di perkotaan, maka desa akan menjadi penyangga perekonomian karena banyak masyarakat dari kota pindah ke pedesaan demi bertahan hidup.

“Pandemi bukan hanya menghantam perkotaan tapi juga pedesaan, ketika terjadi krisis di perkotaan, maka desa menjadi penyangga, jadi buffering karena terjadi perpindahan arus penduduk dari kota ke desa, jadi bukan urbanisasi tapi ruralisasi,” ungkap Jokowi dalam rapat terbatas secara virtual, Kamis (24/9).




Untuk ia, meminta penyaluran bansos berjalan efektif dan tepat sasaran. Bansos yang dimaksud, seperti program keluarga harapan (PKH) dan bantuan langsung tunai (BLT) desa.

“Pastikan itu diterima oleh masyarakat di desa yang terdampak pandemi dan sangat membutuhkan,” tegas Jokowi.

Selain itu, ia menyatakan implementasi program padat karya tunai di desa juga harus dimonitor secara berkala. Program itu diharapkan dapat menanggulangi kemiskinan di pedesaan.

Setiap desa, sambung Jokowi, juga perlu mengembangkan potensinya masing-masing. Misalnya, sektor pertanian hingga pariwisata.

Lihat juga:

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 10 Belum Dibuka

“Berikan ruang partisipasi ruang kreasi bagi warga desa untuk mengembangkan potensi lokalnya,” imbuh Jokowi.

Pemerintah pusat di sini bisa mengecek perkembangannya secara berkala. Jika hasilnya positif, Jokowi bilang pemerintah akan memberikan fasilitas dari segi permodalan, teknologi, hingga pelatihan di desa tersebut.

“Dorong juga kerja sama antar desa agar masuk ke supply chain yang lebih luas sehingga pelaku usaha di desa bisa naik kelas,” jelas Jokowi. 

[Gambas:Video ]

(aud/bir)

Next Post

Demo Kematian Taylor Ricuh, Dua Polisi Louisville Tertembak

Jakarta, Indonesia — Pihak berwenang Louisville, Kentucky mengatakan dua polisi ditembak dan terluka saat terjadi aksi demonstrasi atas kematian wanita kulit hitam Breonna Taylor. Polisi tersebut diketahui terkena luka tembak di tangan. Kepala Polisi Interim Louisville, Robert Schroeder, mengatakan seorang tersangka telah ditahan tapi dia tidak memberikan rincian apakah orang […]