Breaking News in Indonesia

Jokowi Lantik 9 Komisioner Ombudsman RI 2021-2026

Ketua Ombudsman kini dijabat Mokh. Najih untuk periode 2021-2026.

Jakarta, Indonesia —

Presiden Joko Widodo melantik sembilan orang komisioner Ombudsman Republik Indonesia periode 2021-2026. Pelantikan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Senin (22/2).

Pelantikan dimulai dengan lagu Indonesia Raya dan doa. Kemudian, sembilan orang Komisioner Ombudsman RI membacakan sumpah jabatan di hadapan Jokowi.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya untuk memperoleh jabatan ini langsung atau tidak langsung dengan menggunakan nama atau cara apapun juga tidak menjanjikan barang sesuatu kepada siapapun,” kata Ketua Ombudsman RI yang baru, Mokh. Najih diikuti Anggota Ombudsman RI lainnya.

Dalam sumpah itu, para pejabat Ombudsman juga berjanji memenuhi kewajiban, menjaga rahasia, setia pada Pancasila dan UUD 1945, serta menolak pemberian dari siapapun.

Selain Najih, Jokowi juga melantik Wakil Ketua Ombudsman RI Bobby Hamzar Rafinuz. Kemudian ada tujuh Anggota Ombudsman RI yang juga dilantik dalam kesempatan itu.

Mereka adalah Dadan Suparjo Suharmawijaya, Hery Susanto, Indraza Marzuki Rais, Jemsly Hutabarart, Johanes Widijantoro, Robertus Na Endi Jaweng, dan Yeka Hendra Fatika.

Pelantikan juga dihadiri oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin. Menteri Koordinator Bidang Poliik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dan Menteri Sekretariat Negara Pratikno juga terlihat hadir dalam acara itu.

Lihat juga:

Survei Kinerja Pemerintahan Jokowi, Kepuasan ke Ma’ruf Rendah

(dhf/bmw)

[Gambas:Video ]