Breaking News in Indonesia

Jelajah Indonesia versi Kartun Lewat Film Adit Sopo Jarwo

Jakarta, Indonesia —

Kisah tiga karakter animasi ikonik bernama Adit, Sopo, dan Jarwo kini hadir dalam versi film berjudul Adit Sopo Jarwo: The Movie. Film ini hadir sebagai prekuel dari serial animasi Adit Sopo Jarwo yang populer sejak 2014 silam.

MD Pictures dan MD Animation selaku rumah produksi film ini menunjuk Hanung Bramantyo dan Eki N.F. sebagai sutradara. Eki N.F mengatakan bahwa rencana menggarap serial animasi Adit Sopo Jarwo dalam format film berawal dari komentar penggemar di media sosial.

“ini kan dari serial sudah ada dari 2014 pada saat itu kita sudah ada ruang dialog dengan penggemar untuk dibuat versi film, lalu ternyata disambut baik, saya coba usulkan ke pak Manoj [Punjabi], dan baru dijalankan 2018,” ujar Eki, dalam konferensi pers virtual, Jumat (30/4).

Meski demikian, Eki mengatakan ada beberapa perbedaan antara serial dan film Adit Sopo Jarwo. Perbedaan paling jelas terdapat pada penempatan lokasi atau latar cerita.

“kalo di serial lokasinya cuma di kampung Geger, dan kami sudah hafal sama lokasinya, mau shot apa aja mudah, tapi kalau di film lokasinya banyak ada dari Brebes, nah kita riset Brebes itu ada Dieng, ada Sungai Serayu, dan kita buat se-real mungkin” ujar Eki.

Beni Susanto selaku Screenplay dari Adit Sopo Jarwo The Movie juga mengatakan bahwa film animasi Adit Sopo Jarwo akan menyajikan gambaran kota-kota besar di Indonesia dalam versi animasi.

Film Adit Sopo JarwoAdit Sopo Jarwo The Movie (Foto: asjthemovie)

“Jadi di film kita flashback beberapa tahun ke belakang, kalo di serial sekarang sudah dewasa, dan lokasinya cuma di kampung, kalau di film kita keluar kampung, total ada 10 tempat yang jadi latar,” ujar Beni.

Adapun kota-kota yang terdapat dalam film ini antara lain Brebes, Yogyakarta dan Cirebon. Tak hanya sebagai pelengkap cerita petualangan dari tiga karakter utama, pemilihan kota-kota itu disesuaikan dengan cerita asli dalam serial.

Eki bahkan melakukan riset mendalam tentang hal-hal menarik yang terdapat di tempat-tempat tersebut.

“Dan kami juga pengen kasih lihat tempat yang jarang dilihat anak-anak jaman sekarang, kalau di Brebes ada ladang garam lho,” ujarnya.

Tema dalam film masih sejalan dengan serial animasi Adit Sopo Jarwo yakni tentang hebatnya nilai persahabatan dan sikap saling tolong-menolong.

“Kalau alur atau tema kita sudah dapat gambaran jelas dari serial Adit Sopo Jarwo soal hebatnya persahabatan, jadi kita buat filmnya ramah untuk keluarga, enak untuk ditonton, ada komedi, ada sedihnya, benang merahnya soal kehebatan persahabatan,” tambah Beni.

Film animasi Adit Sopo Jarwo diangkat dari serial animasi populer pada tahun 2014 dengan judul yang sama. Serial ini mengisahkan perjalanan seorang anak bernama Adit yang terpisah dari orang tuanya di stasiun kereta Cirebon.

Film Adit Sopo JarwoAdit Sopo Jarwo The Movie (Foto: asjthemovie)

Adit kemudian bertemu dengan orang asing bernama Jarwo dan seorang porter kereta api bernama Sopo. Melihat Adit yang sedang bersedih, Sopo dan Jarwo pun memutuskan untuk menemani Adit mencari cara agar ia bisa bertemu kembali dengan Ayah dan Ibunya.

Dalam petualangannya, Adit, Sopo, dan Jarwo harus menghadapi berbagai macam rintangan sambil mengenal arti persahabatan.

Film Adit Sopo Jarwo: The Movie sudah tayang di Disney+ Hotstar pada 30 April 2021 sebagai hiburan di bulan suci Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri.

[Gambas:Youtube]

(nly/fjr)

[Gambas:Video ]