Jasa Marga Tutup Sementara Rest Area KM 52B Tol Japek

Farah

Jasa Marga menutup rest area KM 52B di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta mulai Minggu (27/12) hingga beberapa hari ke depan mengantisipasi kemacetan.

Jakarta, Indonesia —

Jasa Marga Transjawa Tollroad Regional Division (JTT) bakal melakukan penutupan sementara rest area alias tempat istirahat di KM 52B arah Jakarta dalam beberapa hari ke depan.

Upaya itu dilakukan untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas menjelang libur panjang Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

General Manager Representative Office 1 Widiyatmiko Nursejati menjelaskan, penutupan sementara itu dilakukan sejak Minggu, 27 Desember 2020 pukul 08.00 WIB hingga Senin, 28 Desember 2020 pukul 08.00 WIB.

Kemudian dilanjutkan pekan depan pada Minggu 3 Januari 2021 pukul 08.00 WIB hingga Senin 4 Januari 2021 pukul 08.00 WIB.

“Di luar jadwal tersebut, petugas operasional akan melakukan buka tutup secara situasional atau sesuai diskresi Kepolisian,” kata Widiyatmoko dalam pernyataan yang diterima Indonesia.com, Minggu (27/12).

Widiyatmoko pun mengaku pihaknya telah memastikan informasi penutupan sementara rest area KM 52B diterima dengan baik oleh pengguna jalan.

Ia mengklaim Jasa Marga telah melakukan sosialisasi rencana penutupan rest area melalui Variable Message Sign (VMS) di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, baik arah Cikampek maupun arah Jakarta.

Ia pun menyampaikan permintaan maaf sekaligus mewanti-wanti pengguna jalan yang memasuki jalan tol untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas, serta memastikan keamanan kendaraan sebelum memulai perjalanan.

“Jasa Marga memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan akibat adanya penutupan tempat istirahat yang dimaksud,” katanya.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk sebelumnya telah memprediksi puncak arus balik pertama libur natal dan tahun baru terjadi pada hari ini, Minggu (27/12). Puncak arus balik pertama ini terjadi setelah rangkaian libur natal yang mulai berlangsung sejak Rabu (23/12).

Lihat juga:

Rapid Test Antigen Acak di Tol Cipularang-Cipali, Dua Positif

Data Jasa Marga menunjukkan jumlah kendaraan yang kembali ke ibu kota diperkirakan mencapai 78.887 kendaraan, atau meningkat 13,82 persen dari lalu lintas normal pada 27 Desember 2020.

Kemudian, sebanyak 57.404 kendaraan melintasi Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama arah Jakarta, yang menunjukkan terjadinya peningkatan sebesar 35 persen dari lalu lintas normal biasanya.

Selanjutnya, sebanyak 483.072 kendaraan sudah meninggalkan Jakarta sejak 23 Desember 2020 hingga hari natal pada 25 Desember.

Angka itu merupakan akumulasi arus lalu lintas dari beberapa GT barrier atau utama meliputi, GT Cikupa menuju arah barat, GT Ciawi menuju arah selatan, dan GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama menuju arah timur.

(khr/end)

[Gambas:Video ]


Next Post

Terjaring Dalam Operasi Kemanusiaan Covid-19

Terjaring Dalam Operasi Kemanusiaan Covid-19. Petugas gabungan Satgas Covid-19 menggelar operasi kemanusiaan di Bundaran HI Jakarta, Sabtu (26/12/2020) malam dini hari. Operasi gabungan itu dilakukan menyusul meningkatnya penyebaran Covid-19 di Ibu kota. Petugas gabungan Satgas Covid-19 melakukan pendataan kepada warga yang terjaring dalam operasi kemanusiaan di Bundaran HI Jakarta, Sabtu […]