Jakarta () – Twitter melakukan analisis mendalam terhadap percakapan seputar K-pop dan menemukan 20 negara yang paling banyak membicarakan K-pop dengan 20 negara dengan penggemar K-pop terbanyak serta artis K-pop yang paling dibicarakan di dunia dan di Indonesia.

Seiring banyaknya penggemar yang aktif, Indonesia berada di peringkat pertama dalam daftar negara dengan jumlah Tweet tentang K-pop terbanyak selama dua tahun berturut-turut.

Selanjutnya, Filipina, Korea Selatan, Thailand, Amerika Serikat, Meksiko, Malaysia, Brazil, India, dan Jepang masuk dalam daftar 10 besar.

Daftar negara dengan jumlah penggemar K-pop terbanyak berdasarkan audiens unik, menyerupai daftar negara dengan jumlah Tweet terbanyak menempatkan Indonesia pada posisi pertama dan diikuti Jepang, Filipina, Peru, Kolombia, Singapura, dan Ekuador yang masuk dalam 20 besar tahun ini.

Grup idola K-pop Bangtan Sonyeondan (BTS) (@BTS_twt), menempati urutan pertama dalam daftar artis K-pop yang paling banyak dibicarakan secara global.

Konser mereka bertajuk "PERMISSION TO DANCE ON STAGE – LA" yang diselenggarakan secara langsung, berkontribusi terhadap lebih dari 68 juta Tweet di secara global.

Selanjutnya, grup idola NCT (@NCTsmtown) berada di urutan ke-dua untuk dua tahun terakhir ini.

Selain BLACKPINK (@BLACKPINK) dan EXO (@weareoneEXO), banyak grup pendatang baru yang juga bersinar di Twitter. Grup TOMORROW X TOGETHER (@TXT_members) naik dua peringkat menjadi posisi ke-6 pada tahun 2021, kemudian ATEEZ (@ATEEZofficial) naik satu peringkat menjadi urutan ke-9, dan Stray Kids (@Stray_Kids) kini berada di posisi ke-10.

Tahun 2021 juga terbukti menjadi momen penuh dengan terobosan bagi generasi keempat idol K-pop. Grup ENHYPEN (@ENHYPEN_members), yang menempati posisi kelima sebagai artis K-pop pendatang baru di 2020, berhasil menduduki posisi ketiga artis yang paling banyak dibicarakan di 2021 setelah BTS dan NCT.

Dalam satu tahun sejak debut mereka, ENHYPEN (@ENHYPEN) berhasil menyandang gelar “million seller” setelah penjualan album studio mereka yang pertama, “DIMENSION:DILEMMA”, mampu terjual lebih dari 1 juta kopi dan menempati posisi ke-11 di chart album Billboard 200.

Jajaran idol K-pop generasi keempat lainnya, seperti aespa (@aespa_official) dan ITZY (@ITZYofficial), juga menunjukkan pencapaian besar dengan pertama kalinya masuk ke dalam daftar 20 artis K-pop yang paling banyak dibicarakan, masing-masing berada di posisi ke-14 dan ke-16.

Idol K-pop lain yang masuk dalam daftar tersebut adalah TREASURE (@treasuremembers), SEVENTEEN (@pledis_17), TWICE (@JYPETWICE), GOT7 (@GOT7Official), The Boyz (@IST_THEBOYZ), iKON (@YG_iKONIC), ASTRO (@offclASTRO), MonstaX (@OfficialMonstaX), Red Velvet (@RVsmtown), dan SHINee(@SHINee).

Percakapan soal K-pop

#KpopTwitter kembali memecahkan rekor percakapan dengan meningkatnya jumlah Tweet global dari 6,7 miliar di 2020 menjadi 7,8 miliar di 2021.

Pihak Twitter, seperti dikutip dari siaran persnya, Kamis mencatat adanya peningkatan percakapan sebesar 16% secara global ini menggambarkan semakin beragam dan ramainya percakapan tentang K-pop di Twitter di tahun 2021.

2021 adalah tahun yang berkesan bagi jajaran artis pendatang baru, seperti ENHYPEN (@ENHYPEN), Stray Kids (@Stray_Kids), aespa (@aespa_official), dan ITZY (@ITZYofficial), yang telah menjalin interaksi kuat dengan para penggemar mereka di Twitter. Selain itu, percakapan juga berkembang seiring dengan semakin populernya hiburan Korea Selatan selain musik.

Percakapan tentang K-pop semakin ramai dengan adanya dukungan dari para Army di masing-masing negara, sehingga BTS (@BTS_twt) menjadi artis K-pop yang paling banyak dibicarakan di Twitter di Indonesia, diikuti NCT (@NCTsmtown) dan ENHYPEN (@ENHYPEN_members) di urutan ke-2 dan ke-3.

Menurut pihak Twitter, daftar artis K-pop yang paling banyak dibicarakan di Indonesia ini tidak berbeda jauh dengan daftar percakapan di seluruh dunia. Artis-artis K-pop pendatang baru seperti TREASURE (@treasuremembers), TOMORROW X TOGETHER (@TXT_members), Stray Kids (@Stray_Kids), dan aespa (@aespa_official) juga masuk dalam daftar 10 artis K-pop pendatang baru yang paling banyak dibicarakan di Indonesia.

ENHYPEN (@ENHYPEN_members) menempati posisi pertama dalam daftar 10 artis K-pop pendatang baru yang paling banyak dibicarakan, diikuti TOMORROW X TOGETHER (@TXT_members), TREASURE (@treasuremembers), aespa (@aespa_official), dan ITZY (@ITZYofficial). Grup generasi baru seperti IVE (@IVEstarship), CRAVITY (@CRAVITYstarship), WEi (@WEi__Official), ONEUS (@official_ONEUS), dan CIX (@CIX_twt) juga masuk dalam daftar 10 artis K-pop yang paling banyak dibicarakan.

Percakapan seputar budaya Korea Selatan

Selain meningkatnya popularitas K-pop di seluruh dunia, percakapan di Twitter tentang berbagai hiburan dari Korea Selatan pun terus mendapatkan perhatian dari seluruh masyarakat di dunia.

Percakapan terkait drama Korea (drakor), film, webtoon, dan jenis konten hiburan lainnya terus berkembang di Twitter seluruh dunia.

Secara khusus, webtoon yang diadaptasi menjadi K-drama pun disambut hangat oleh audiens global seperti "True Beauty", "Sweet Home", dan "Navillera" menjadi webtoon yang paling banyak dibicarakan di Twitter.
Ketika soundtrack resmi drama melibatkan artis K-pop terkenal, drama dan webtoon tersebut mengalami kenaikan jumlah penonton – seperti lagu ‘Sweet Night’ yang dibawakan oleh V BST untuk drama "Itaewon Class".

Sebagai tempat bagi fans dan idola mereka saling terhubung, Twitter juga menjadi “rumah” bagi banyak pelaku industri hiburan Korea Selatan. Selain rapper terkenal Youngji (@dokgodieinsaeng) dan aktris Lee Se-young (@seyoung0703), bintang dari acara populer "Street Woman Fighter", seperti Monika (@monikaaashin), Honey J (@__honey_j__), dan no:ze (@noze_world) pun membuat akun Twitter mereka pada semester ke-dua 2021.

Rencana Twitter 2022 soal konten budaya Korea

Twitter berencana terus meluncurkan fitur dan program baru untuk menghadirkan beragam konten seru kepada penggemar K-culture di manapun mereka berada.

Selain memberikan dukungan kepada komunitas K-pop, Twitter juga memperluas kemampuan dan mengembangkan layanannya untuk mempromosikan berbagai konten K-culture lainnya.

Selama ini tercatat, sesi #TwitterBlueroom untuk film dan drama termasuk sesi tanya jawab dengan para pemain dari "The Book of Fish", "King Maker", "The Red Sleeve", dan "One Ordinary Day", kemudian #FanTweets dan #BehindTheTweets untuk fans K-pop yang dimulai dengan anggota ROSÉ BLACKPINK membuka banyak peluang bagi para fans untuk saling terhubung dengan idola mereka dan berinteraksi secara real-time.

Di luar K-pop, Twitter juga melihat semakin berkembangnya berbagai percakapan terkait konten hiburan dari Korea Selatan. Hal ini karena fans K-pop yang tidak hanya membicarakan tentang musik favorit, pertunjukkan, konser, dan kehidupan sehari-hari mereka, tetapi juga menunjukkan ketertarikan mereka terhadap drama dan webtoon yang diiringi oleh soundtrack dari grup K-pop favorit mereka.

Seiring dengan pertumbuhan konsumsi global terhadap konten hiburan Korea Selatan, Twitter berharap dapat melihat percakapan yang lebih beragam dan menyediakan lebih banyak konten yang dapat dinikmati oleh banyak orang #HanyaDiTwitter.

Baca juga: Penggemar K-Pop Indonesia lima besar terbanyak versi Twitter

Baca juga: Bukan politik, tapi Kpop yang mendominasi tagar Twitter

Baca juga: Twitter dan Soompi luncurkan kompetisi untuk fans EXO

Oleh Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © 2022