Breaking News in Indonesia

Hasil Uji Tabrak Renault Triber, Jauh Lebih Baik dari Kwid

Jakarta, Indonesia —

Mobil buatan India yang juga dijual di Indonesia, Renault Triber, diganjar Global NCAP dengan rating empat bintang perlindungan penumpang dewasa usai diuji tabrak. Meski begitu mobil keluarga tujuh penumpang ini dapat tiga bintang buat perlindungan anak.

Triber yang pertama kali mendebut pada Agustus 2019 dirancang menggunakan basis platform Renault-Nissan CMF-A+ yang juga dipakai pada Renault Kiger dan Nissan Magnite. Triber mulai dijual di Indonesia setelah harganya diumumkan pada November 2019, Magnite meluncur pada Desember 2020, sedangkan Kiger rencananya akan dijual pada tahun ini.

Berdasarkan laporan Global NCAP, unit Triber yang diuji tabrak merupakan varian dengan spesifikasi keselamatan paling basik, menggunakan dua airbag. Setelah diuji perlindungan dewasa mendapatkan 11,62 poin dari maksimal 17 poin.




Sedangkan perlindungan anak sebesar 27 poin dari maksimal 49 poin.

Global NCAP dalam keterangan resminya menjelaskan perlindungan untuk sopir serta penumpang depan pada bagian kepala dan leher dikatakan baik. Bagian dada dan lutut sopir dikatakan mendapat ‘perlindungan marjinal’, sementara bagian sama di penumpang depan disebut terlindungi dengan baik.

Struktur bodi dinilai tidak stabil dan tidak mampu menahan beban lebih berat, sedangkan area kaki dinyatakan stabil.

Baca juga:

Daftar Mobil Nol Bintang ASEAN NCAP, 3 Dijual di Indonesia

“Renault secara signifikan telah memperbaiki performa perlindungan penumpang dewasa dalam uji tabrak depan dibanding Kwid yang dites pada 2016. Triber menetapkan standar kuat buat produsen, dan kami mendukung Renault mempertahankan perkembangan penting ini sebagai upaya menuju level lima bintang keselamatan,” ujar Alejandro Furas, Sekretaris Jenderal Global NCAP.

Sementara itu tambahan jok anak yang dipasang menghadap depan menggunakan sabuk pengaman dewasa dinyatakan tidak dapat mencegah momentum berlebihan ke arah depan saat tabrakan terjadi. Perlindungan dada masuk kategori rata-rata sedangkan perlindungan kepala rendah sewaktu tabrakan.

Pada 2016, Global NCAP mengumumkan hasil uji tabrak Kwid mengecewakan yakni 1 bintang untuk penumpang dewasa dan anak. Mobil murah lain yang lebih parah adalah Datsun GO yang setelah diuji diganjar 0 bintang karena miskin fitur keselamatan.

(fea)

[Gambas:Video ]