Hari Raya Nyepi, Jokowi Serukan Luruhlah Amarah, Rasa Dengki

Farah

Jakarta, Indonesia —

Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1943 kepada seluruh umat Hindu di Indonesia melalui akun Instagram pribadinya, Minggu (14/3).

Jokowi meminta umat Hindu untuk merenungkan karunia hidup Sang Pencipta dalam keheningan Nyepi. Ia juga berpesan agar umat Hindu yang tengah merayakan Nyepi dapat meluruhkan semua amarah dan dengki di dalam hati.

“Dalam hening dan sepi, kita menyelam ke lubuk hati, merenungkan karunia hidup dari Sang Pencipta. Maka meluruhlah amarah, dendam, dan rasa dengki. Dan kita pun bangkit dengan penuh semangat dan optimisme,” kata Jokowi.

[Gambas:Instagram]

Dalam cuitannya, Jokowi juga mengunggah sebuah gambar bertuliskan ‘Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1943’ dan ‘Presiden Joko Widodo’.

Unggahan Jokowi tersebut telah mendapatkan likes lebih dari 143 ribu dan 1.000 komentar saat dilihat pukul 11.22 WIB.

Tiap tahunnya, Umat Hindu merayakan Hari Raya Nyepi. Tahun ini, Hari Raya Nyepi jatuh pada 14 Maret 2021.

Kata Nyepi sendiri berasal dari kata sepi, atau hening. Maka dari itu, peringatan dilalui dengan situasi sepi dengan sejumlah aturan Nyepi.

Provinsi Bali, sebagai wilayah mayoritas penduduknya beragama Hindu mengeluarkan kebijakan khusus selama perayaan Nyepi tahun ini. Pemprov Bali menginstruksikan untuk mematikan IPTV dan data seluler di wilayah Bali selama masa Nyepi. IPTV dan data seluler akan dinonaktifkan selama 24 jam.

Tak hanya itu, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Bali bersama Pemprov menyepakati imbauan TV dan radio tidak bersiaran di masa Nyepi.

(rzr/mik)

[Gambas:Video ]


Next Post

Vaksin Pfizer di MotoGP Qatar: Rossi Disuntik, Mir Tunda

Jakarta, Indonesia — Sejumlah pembalap MotoGP sudah menerima vaksin Covid-19 dosis pertama di sela tes MotoGP Qatar di Sirkuit Losail, 10-12 Maret lalu. Tidak semua pembalap menerima tawaran suntik vaksin Pfizer tersebut. Pemerintah Qatar menawarkan pembalap dan ofisial tim MotoGP untuk menjalani vaksinasi virus corona di sela tes di Sirkuit Losail. Vaksinasi […]