Gelombang Demo Bebaskan Rizieq Jelang Aksi 1812 di Istana

Farah

Sejumlah demonstrasi menuntut pembebasan Rizieq Shihab digelar di sejumlah daerah, mulai dari Ciamis, Cianjur, hingga di Medan Sumatra Utara.

Jakarta, Indonesia —

Sejumlah aksi unjuk rasa menuntut pembebasan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab digelar di sejumlah daerah jelang Aksi 1812 di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/12).

Salah satu aksi yang pertama digelar ada di Ciamis, Jawa Barat. Sehari setelah Rizieq dijebloskan ke penjara, sejumlah orang mendatangi Polres Ciamis meminta ditahan oleh polisi.

Koordinator Massa Aksi Wawan Malik Marwan mengatakan mereka datang ke acara Rizieq atas kesadaran sendiri. Mereka menegaskan tak ada hasutan dari Rizieq untuk membuat kerumunan seperti yang dituduhkan kepolisian.

“Kami datang ke Polres Ciamis untuk menyerahkan diri sebagai bukti tanggung jawab karena Rizieq Shihab diberikan pasal kerumunan. Sepulang dari tanah suci Makkah, kami hadir di Jakarta dan di Petamburan,” kata Wawan, Minggu (13/12).

Aksi protes juga digelar di Cianjur, Jawa Barat, Senin (14/12). Sekitar 100 orang menggeruduk Polres Cianjur menuntut pembebasan Rizieq Shihab.

Perwakilan massa aksi sempat diterina oleh kepolisian. Aksi berlangsung selama satu jam. Setelah itu, massa membubarkan diri tanpa ada satupun yang diringkus polisi.

Simpatisan Rizieq juga mendatangi Mapolres Metro Bekasi Kota, Selasa (15/12). Ratusan orang menuntut Rizieq dibebaskan tanpa syarat.

Massa aksi juga meminta pembentukan tim independen untuk mengusut kematian 6 anggota FPI. Massa membubarkan diri setelah diberi pengertian oleh perwakilan FPI Bekasi Alwi bin Muhammad.

Kejadian serupa juga terjadi di Mapolres Metro Kota Tangerang. Ratusan orang sempat mendatangi lokasi itu pada Rabu (16/12) siang sebelum dibubarkan oleh kepolisian.

Massa aksi itu tak langsung membubarkan diri. Mereka memindahkan lokasi aksi unjuk rasa ke Kantor MUI Tangerang. Aksi ini juga menuntut pembebasan Rizieq Shihab dan pengusutan tewasnya 6 anggota FPI.

Lihat juga:

PA 212 Serukan Aksi 1812: Makam 6 Laskar FPI Belum Kering

Gelombang aksi juga terjadi di Medan, Sumatra Utara. Massa mendatangi Masjid Raya Medan, Rabu (16/12) sekitar pukul 17.30 WIB. Aksi diakhiri dengan salat Maghrib berjamaah.

“Kita adalah umat yang menghendaki ketenangan di negeri ini tapi ketika ketidakadilan terus menerus dipertontonkan tentu tidak bisa. Umat harus bergerak dan kita mengimbau kepada kiai, habaib, para ulama pimpin umat ini supaya jangan lagi berdiam di pondok-pondok jangan lagi berdiam di musala, ayo keluar pimpin umat ini untuk menuntut keadilan,” kata perwakilan massa Heriansyah.

Rizieq Shihab ditahan di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya sejak Sabtu (12/12). Ia menjadi tersangka atas kasus kerumunan yang terjadi di Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11). Sejumlah ormas Islam akan turun ke jalan pada Jumat (18/12) untuk menuntut pembebasan Rizieq. 

(dhf/ain)

[Gambas:Video ]


Next Post

Wonder Woman 1984 Rilis di Indonesia, Gal Gadot Sapa Fan

Jakarta, Indonesia — Gal Gadot menyapa penggemarnya melalui video di media sosial jaringan bioskop di Indonesia dalam rangka menyambut penayangan Wonder Woman 1984. “Halo, penggemar Wonder Woman. Hari perilisan akhirnya tiba. Wonder Woman 1984 sekarang sudah rilis bioskop,” kata Gadot dalam video yang diunggah di Instagram milik Cinema 21 dan CGV […]