Jakarta () – Film adaptasi drama musikal Broadway “West Side Story” garapan sutradara Steven Spielberg mengantongi 10,5 juta dolar AS atau sekitar Rp150miliar untuk periode Jumat hingga Minggu di box office Amerika, dikutip dari AFP pada Senin.

Drama musikal yang pertama kali tampil pada 1957 itu dibuat oleh sutradara Stephen Sondheim dan koreografer Jerome Robbins, telah ditampilkan sebanyak 732 pertunjukan hingga 1959.

Sebelum Spielberg, karya tersebut juga pernah difilmkan pada 1961 oleh sutradara Robert Wise bersama Robbins. Dalam produksi film versi Spielberg, Sondheim dan Robbins juga kembali terlibat masing-masing sebagai penulis lirik dan pembuat konsep.

“West Side Story” terinspirasi dari kisah “Romeo dan Juliet”, namun ceritanya mengambil latar era 1950-an di Upper West Side, New York City.

Musikal ini mengeksplorasi persaingan dua kelompok remaja yang memiliki perbedaan latar belakang ras, Jets dan Hiu. Namun tak berhenti sampai di situ, Tony dan Maria yang berasal dari masing-masing anggota geng itu terlibat dalam urusan cinta.

Karakter Tony, seorang mantan anggota Jets, diperankan oleh Ansel Elgort yang sebelumnya dikenal dalam “The Fault in Our Stars” dan “Divergent”. Sementara karakter Maria, saudara perempuan pemimpin Hiu, diperankan oleh Rachel Zegler.

Para kritikus menilai film Spielberg ini berpeluang menjadi remake yang dapat memenangkan Oscar sejak remake “The Departed” (2006) yang telah memenangkan kategori film terbaik.

Sementara itu, film yang sempat menduduki posisi teratas pada pekan lalu, animasi Disney “Encanto”, telah merosot ke posisi kedua dengan menghasilkan 9,4 juta dolar AS (Rp135 miliar) serta mengantongi total 71,3 juta dolar AS (Rp1,02 triliun) setelah tiga minggu penayangan.

Di posisi keempat ditempati oleh “Ghostbusters: Afterlife” yang menambahkan 7,1 juta dolar AS (Rp102 miliar) pada akhir pekan. Posisi selanjutnya diikuti oleh drama kriminal garapan Ridley Scott “House of Gucci” dengan 4,1 juta dolar AS (Rp58,9 miliar) dan film superhero “Eternals” dengan 3,1 juta dolar AS (Rp44 miliar).

Baca juga: "West Side Story" tayang di bioskop Indonesia mulai hari ini

Baca juga: Steven Spielberg kenang Stephen Sondheim di "West Side Story"

Baca juga: Komposer musikal Stephen Sondheim tutup usia

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © 2021