Jakarta () – Islandia telah memilih "Lamb", sebuah film horor folkloric yang dibintangi oleh Noomi Rapace ("The Girl With the Dragon Tattoo"), untuk mewakili negara tersebut dalam kategori Film Fitur Internasional Terbaik di ajang Academy Awards 2022.

Film garapan sutradara Valdimar Johannsson tersebut ditayangkan perdana di bagian Un Certain Regard di Festival Film Cannes tahun ini, di mana film itu memenangkan penghargaan khusus untuk orisinalitas.

Mengutip The Hollywood Reporter, Selasa, "Lamb" juga diputar di Festival Film Fantasi Sitges yang terkenal di Spanyol, memenangkan penghargaan utama untuk fitur terbaik serta penghargaan aktris terbaik untuk Rapace.

"Lamb" menggabungkan legenda rakyat Nordik dengan elemen horor dalam kisahnya tentang pasangan petani tanpa anak (Rapace dan aktor Islandia Hilmir Snær Gudnason).

Mereka, membuat penemuan mengejutkan di kandang dombanya — yaitu sebuah penemuan yang akan menghancurkan dunia mereka.

Studio A24 mengambil hak tayang di Amerika Utara untuk film tersebut dan "Lamb" juga akan dirilis terbatas awal bulan ini.

Bicara soal film berlatar Nordik di ajang Academy Awards, sebelumnya pada tahun 2019, film drama Swedia "Border" yang menceritakan tentang troll — mitos yang hidup di Skandinavia modern — meraih nominasi Oscar untuk rambut dan rias wajah terbaik.

Islandia hanya sekali dinominasikan untuk Oscar yaitu untuk "Children of Nature" karya Fridrik Thor Fridriksson pada tahun 1991. Negara kecil itu belum pernah memenangkan Academy Award.

Daftar nominasi Oscar 2022 akan diumumkan pada 21 Desember. Nominasi akan diumumkan pada 8 Februari.

Academy Awards ke-94 akan diadakan pada 27 Maret 2022.

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © 2021