Jakarta () – Festival Film Sundance kini resmi digelar secara daring (online), setelah sebelumnya penyelenggara berencana menghelatnya secara langsung.

Mengutip The Hollywood Reporter, Jumat, keputusan penyelenggara festival untuk mengadakan acara secara daring dikarenakan lonjakan kasus COVID-19 yang dipicu oleh varian Omicron. Adapun keputusan ini muncul 15 hari sebelum tanggal mulai festival pada 20 Januari.

"Terlepas dari protokol ketat, varian Omicron dengan tingkat transmisibilitas tinggi yang tak terduga mendorong batas keselamatan kesehatan, perjalanan, dan infrastruktur lainnya di seluruh negeri. Jadi, hari ini kami mengumumkan: Festival akan bergerak online tahun ini," kata pengumuman dari Sundance Institute, lembaga nonprofit di balik festival tersebut.

Festival ini dijadwalkan berlangsung di Park City pada 20-30 Januari dan selalu direncanakan sebagai format hibrida, mengikuti festival pada tahun lalu.

Pada 23 Desember, Sundance mengumumkan peningkatan langkah-langkah mitigasi COVID-19, termasuk pengurangan kapasitas teater dan persyaratan vaksinasi.

Programmer festival menjadi semakin khawatir tentang lonjakan Omicron, yang diproyeksikan mencapai puncaknya di Park City selama tanggal yang dijadwalkan acara.

Penyelenggara Sundance menambahkan, "Meskipun merupakan kehilangan yang mendalam untuk tidak memiliki pengalaman langsung di Utah, kami tidak percaya (penyelenggaraan langsung) aman untuk mengumpulkan ribuan seniman, penonton, karyawan, sukarelawan, dan mitra dari seluruh dunia, untuk festival sebelas hari sementara komunitas yang kewalahan sudah berjuang untuk menyediakan layanan penting."

Festival online akan dimulai pada 20 Januari, seperti yang direncanakan sebelumnya, dengan penyesuaian jadwal pemutaran yang dibuat untuk saat ini pada jadwal hanya virtual.

Sundance mencatat bahwa pihaknya akan menghubungi pemegang tiket dan paket serta pembeli tiket dengan pembaruan pada tiket yang sudah dibeli.

"Kami meminta kesabaran Anda saat kami berupaya melakukan penyesuaian yang diperlukan," kata penyelenggara.

Pada hari Selasa, Sundance mengunggah ke akun Instagram-nya bahwa setiap peserta yang membeli tiket secara langsung akan dapat mengubah tiket mereka menjadi pemutaran online.

Baca juga: Cegah Omicron, Festival Film Sundance wajibkan peserta vaksin booster

Baca juga: Festival Film Sundance 2022 umumkan daftar film yang akan diputar

Baca juga: Sundance Film Festival 2022 wajibkan peserta bawa bukti vaksin

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © 2022