Exxon Krisis, Investor ‘Ngamuk’ Gulingkan Direksi

Farah

Di tengah krisis bisnis yang dihadapi Exxonmobil, perusahaan minyak raksasa ini dihadapkan dengan investor yang berniat menggulingkan direksi.

Jakarta, Indonesia —

Bisnis ExxonMobil, raksasa minyak yang berbasis di AS, menyentuh titik nadir. Exxon yang jaya selama beberapa dekade menghadapi krisis.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah modern, krisis Exxon berakhir dengan amukan pemegang saham yang berusaha menggulingkan dewan direksi.

Upaya itu digawangi oleh Engine No. 1, firma investor aktivis yang mendesak direksi mengendalikan pengeluaran dan gaji para eksekutif, termasuk juga menjajaki bisnis energi bersih.




Engine No. 1 dikenal mendapat dukungan dari persekutuan gereja di Inggris dan pengelola dana pensiun di AS.

“Agar Exxon menghindari nasib perusahaan seperti Amerika lainnya yang pernah menjadi ikon, maka Exxon harus lebih baik memposisikan diri untuk jangka panjang dan penciptaan nilai yang berkelanjutan,” tulis Engine No.1 dalam surat yang dikirim ke dewan direksi.

Exxon pernah menjadi perusahaan terbuka paling berharga di dunia. Perusahaan tercatat merugi pertama kalinya pada pertengahan 2014 lalu.

Lihat juga:

Distribusi Vaksin Corona Bikin Harga Minyak Menanjak

“Secara historis, Exxon tidak terlalu peduli dengan pemegang saham. Tapi sekarang, orang-orang (pemegang saham) mengoceh kepada mereka,” ujar Analis Third Bridge Group Peter McNally.

Perbedaan pendapat di kalangan pemegang saham sebetulnya terjadi beberapa tahun terakhir ini, terutama terkait iklim. Mereka umumnya mendorong Exxon mengungkapkan target emisi, dan menguji risiko iklim dari produk yang dihasilkan.

“Untuk waktu yang sangat lama, Exxon seperti sebuah mesin. Mereka hanya dipaksa menghasilkan uang dari tahun ke tahun. Namun, ketika perusahaan berjuang dari gelombang krisis, aktivis datang mengingatkan,” tutur Analis CFRA Research Stewart Glickman.

[Gambas:Video ]

(ulf/bir)


Next Post

Aah Mantap hingga Lathi Jadi Lagu Terpopuler di TikTok 2020

Jakarta, Indonesia — Jejaring sosial TikTok mengumumkan 10 lagu paling populer pada tahun 2020, mulai dari Aah Mantap sampai Lathi karya Weird Genius. Dalam daftar tersebut, lagu Aah Mantap menempati peringkat pertama kategori Top Music Track. Aah Mantap merupakan lagi remix yang sering digabung dengan lagu lain. Peringkat kedua ditempati lagu […]