Dokter Tirta Peluk Jerinx Jelang Sidang ‘IDI Kacung WHO’

Farah

Terdakwa kasus ujaran kebencian, Jerinx sempat mendapat dukungan moral dari relawan pencegahan covid-19 Dokter Tirta di Pengadilan Negeri Denpasar.

Denpasar, Indonesia —

I Gede Ari Astina alias Jerinx SID sempat berbincang dengan Relawan peduli pencegahan Covid-19 Dokter Tirta jelang sidang dengan agenda pembacaan nota pembelaan di Pengadilan Negeri Denpasar, Bali, Selasa (10/11). Jerinx dan Tirta juga terlihat sempat berpelukan.

Pantauan Indonesia.com, Dokter Tirta datang ke Pengadilan Negeri Denpasar mengenakan kemeja putih. Tirta dan Jerinx lalu berbincang. Sesekali Tirta menepuk pundak Jerinx. Begitu juga sebaliknya. 

Diketahui, Jerinx dan Dokter Tirta sempat membuat suatu acara dialog bersama mengenai pandemi virus corona (Covid-19). Kala itu mereka membicarakan kejanggalan-kejanggalan dalam pandemi virus corona yang terjadi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Hingga kemudian, Jerinx tersangkut kasus hukum akibat pernyataannya yang menyebut Ikatan Dokter Indonesia kacung World Health Organization (WHO). Kasusnya kini sudah berjalan di pengadilan.

Jerinx dituntut tiga tahun penjara. Dia dianggap bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasar suku, agama, ras dan antar golongan (SARA).

Jerinx dinilai melanggar Pasal 28 ayat (2) jo Pasal 54A ayat (2) UU RI Nomor 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik Jo Pasal 64 ayat (1) KUHP.

“Menuntut supaya majelis hakim Pengadilan Negeri Denpasar yang memeriksa dan mengadili perkara ini memutuskan, menjatuhkan pidana terhadap terdakwa terdakwa I Gede Ary Astina alias Jerinx dengan pidana penjara selama tiga tahun dan denda Rp 10 juta subsidair tiga bulan kurungan. Dikurangi selama terdakwa berada dalam tahanan dengan perintah tetap berada dalam tahanan,” kata Jaksa Otong Hendra Rahayu dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar.

Lihat juga:

Jerinx Dituntut 3 Tahun Penjara soal ‘Kacung WHO’

Jerinx kemudian meluapkan amarahnya usai sidang tuntutan. Jerinx menantang pihak-pihak yang sengaja ingin memenjarakannya untuk datang ke persidangan selanjutnya.

“Dari IDI pusat dan IDI Bali, mereka semua bilang tidak ingin memenjarakan saya. Jadi siapa sebenarnya yang ingin memenjarakan saya? Saya ingin tau orangnya siapa yang ingin memenjarakan saya dan ingin memisahkan saya dengan istri saya,” ujar Jerinx dengan nada tinggi. 

(put/bmw)

[Gambas:Video ]


Next Post

Sri Mulyani Sudah Transfer Dana Bagi Hasil Rp93 T ke Daerah

Jakarta, Indonesia — Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan pemerintah telah memberikan Dana Bagi Hasil (DBH) sebesar Rp93,54 triliun per 5 November 2020. Jumlah itu lebih besar Rp7,12 triliun atau mencapai 108,2 persen dari pagu awal Rp86,42 triliun di APBN 2020. “Realisasinya masih akan naik berupa penyaluran DBH yang bisa di-earmark seperti DBH […]