Jakarta () – Sutradara Denis Villeneuve mengatakan film terbarunya, "Dune", merupakan salah satu film yang relevan untuk ditonton saat ini, Reuters melaporkan pada Senin.

Menurut Villeneuve, film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Frank Herbert di tahun 1965 itu mengangkat banyak isu terkait politik, agama, perjuangan untuk sumber daya yang berharga dan lingkungan.

Rangkaian pemeran kenamaan yang dipimpin oleh Timothee Chalamet membintangi proyek raksasa tersebut yang berlatar masa depan di mana keluarga bangsawan memerintah wilayah planet.

Villeneuve, yang dikenal dengan "Blade Runner 2049" dan "Sicario", membaca buku setebal 400 halaman karya Herbert sebagai seorang anak dan menggambarkannya sebagai "potret abad ke-20" yang seiring waktu menjadi "prediksi tentang apa yang akan terjadi di abad ke-21" .

"Sayangnya buku itu jauh lebih relevan saat ini tentang bahaya perpaduan … agama dan politik, bahaya tokoh-tokoh mesias, dampak kolonialisme … masalah dengan lingkungan," katanya dalam konferensi pers di Festival Film Venesia ke-78.

"Bukunya tetap bersama saya selama bertahun-tahun, tetapi itu hanya terasa … seiring waktu, semakin relevan … Saya berharap itu tidak terjadi tetapi saya pikir film ini akan berbicara kepada dunia sekarang lebih dari yang seharusnya dilakukan 40 tahun yang lalu," imbuhnya.

Chalamet memainkan karakter utama Paul Atreides, yang ayahnya Duke Leto Atreides (Oscar Isaac) mengambil alih kendali planet terpencil Arrakis.

Dikenal sebagai Dune oleh penduduk asli Fremen, Arrakis sangat diperebutkan karena rempah-rempahnya yang menggiurkan, komoditas unik dan sangat diinginkan yang ditemukan di gurunnya tempat suhu melonjak dan ulat pasir raksasa memangsa.

"Sederhananya, ini adalah kehormatan seumur hidup bagi saya," kata Chalamet, yang pada saat kedatangannya membuat para penggemar berteriak-teriak dengan menandatangani tanda tangan dan berpose untuk foto.

Film berdurasi 2,5 jam Villeneuve, yang digambarkan sebagai bagian pertama dari cerita, mengikuti upaya Alejandro Jodorowsky yang gagal pada pertengahan 1970-an dan versi 1984 David Lynch yang dikritik secara kritis sebagai "sebuah film yang berakhir sebagai 'sakit hati'."

Chalamet mengatakan dia telah menonton versi Lynch dan "sangat menghormati" penampilan Kyle Maclachlan sebagai Paul, tetapi ingin menjadikan karakter itu miliknya.

"Saya berharap kami bisa melakukan (film) kedua," katanya. "Itu akan menjadi sebuah mimpi yang menjadi kenyataan."

"Dune", yang juga dibintangi Zendaya, Josh Brolin dan Rebecca Ferguson, akan dirilis di bioskop dan layanan streaming HBO Max.

"Tentu saja ini adalah masa-masa sulit bagi semua orang dan kita semua sepakat tentang keselamatan terlebih dahulu, tetapi jika penonton merasa nyaman dan ada lingkungan yang aman, saya mendorong mereka untuk menonton film ini di layar lebar," kata Villeneuve.

"Itu telah diimpikan, telah dirancang, telah dibuat, telah dibuat dengan keinginan untuk bisa dinikmati di IMAX," ujarnya menambahkan.

Baca juga: Film "Dune" siap tayang di Festival Film Venesia

Baca juga: Jason Momoa dan Dave Bautista buat film aksi tentang polisi

Baca juga: Festival Film Venesia wajibkan peserta tunjukkan bukti vaksinasi
 

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © 2021