Jakarta () – Film superhero baru Marvel “Eternals” menghasilkan 71 juta dolar AS atau sekitar Rp1 triliun akhir pekan ini dan berhasil menduduki puncak box office Amerika, menurut pengamat industri Exhibitor Relations pada Minggu.

Meski “Eternals” mendapatkan skor rendah yang diberikan penonton AS di Rotten Tomatoes dan CinemaScore, film ini mendapat sambutan yang baik di luar Amerika dengan menghasilkan sekitar 90,7 juta dolar AS (Rp1,29 triliun). Jika ditotal, “Eternals” mengantongi 161,7 juta dolar AS (Rp2,3 triliun) di seluruh dunia.

Mengutip The Hollywood Reporter pada Senin, debut “Eternals” menempati posisi nomor satu di sejumlah negara. Debut di Korea Selatan mampu mencetak 14,1 juta dolar AS (Rp201 miliar), diikuti oleh Inggris dengan 7,1 juta dolar AS (Rp101 miliar), Prancis dengan 6,7 juta dolar AS (Rp95 miliar), Meksiko dengan 5,7 juta dolar AS (Rp8,1 miliar), dan Australia dengan 5 juta dolar AS (Rp71 miliar).

Jika dibandingkan dengan 26 judul di Marvel Cinematic Universe lainnya, debut “Eternals” di Amerika adalah salah satu yang terendah. Film terakhir penghasilan debutnya rendah adalah "Ant-Man" yang pada 2015 hanya meraup 57,2 juta dolar AS (Rp819 miliar).

Debut “Eternals” juga lebih rendah dari dua film Marvel/Disney lainnya yang dirilis selama pandemi COVID-19. "Shang-Chi" membuka pendapatan sebesar 94,7 juta dolar AS (Rp1,35 triliun) di box office Amerika dalam empat hari, sementara “Black Widow” dibuka hingga 80,4 juta dolar AS (Rp1,15 triliun).

Disutradarai oleh pemenang Oscar Chloe Zhao, “Eternals” merupakan bagian dari fase empat Marvel Cinematic Universe. Film ini menghadirkan 10 pahlawan baru yang bertarung melawan Deviants untuk melindungi bumi setelah ribuan tahun mereka bersembunyi.

Sementara itu, mengutip AFP, film lainnya seperti “Dune” yang sebelumnya sempat memimpin box office turun di posisi kedua dengan mengumpulkan 7,6 juta dolar AS (Rp108 miliar) pada akhir pekan.

Film James Bond “No Time to Die” masih bertahan di layar lebar dengan menempati posisi ketiga, menghasilkan 6,2 juta dolar AS (Rp88 miliar) pada akhir pekan.

Film superhero Sony “Venom: Let There Be Carnage” naik satu tingkat akhir pekan ini, yakni ke posisi keempat, dengan meraup 4,5 juta dolar AS (Rp64 miliar). Sementara di urutan kelima ditempati oleh film animasi "Ron's Gone Wrong” yang menghasilkan 3,6 juta dolar AS (Rp51 miliar).

Baca juga: "Eternals" tayang di Indonesia 10 November 2021

Baca juga: Tampilkan adegan sesama jenis, Arab Saudi larang "Eternals"

Baca juga: Film Marvel "Eternals" rajai puncak box office Korea Selatan

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © 2021