Jakarta () – Film animasi “Encanto” berhasil mengumpulkan 3,22 juta dolar AS atau sekitar Rp46 miliar sejak dirilis di bioskop China pada Jumat (7/1), menurut data dari platform Maoyan.

Dikutip dari Variety pada Senin, film musikal dari Disney itu menempati urutan keenam di box office China setelah deretan film-film lokal layar lebar yang tayang di negara tersebut. Maoyan memperkirakan “Encanto” akan meraup 6,68 juta dolar AS (Rp95,9 miliar) selama penayangannya di China.

Sebagai informasi, di Amerika Serikat film “Encanto” telah mendapatkan 43,3 juta dolar AS (Rp621,7 miliar) selama akhir pekan Thanksgiving pada November sebelum dirilis di Disney Plus jelang liburan Natal.

Film animasi ini bahkan telah mencetak total 92,4 juta dolar di AS (Rp1,3 triliun) dan 216 juta dolar AS (Rp3,1 triliun) secara global sejak perilisannya, dengan pasar luar negeri terbesar adalah Prancis. Layanan streaming Disney Plus sendiri tidak tersedia di China.

Film “Zootopia” masih menjadi rilisan Disney terlaris di China yang berhasil menduduki film terlaris ke-39 sepanjang masa di negara tersebut dengan mencetak 236 juta dolar AS (Rp3,3 triliun) pada 2016. Selain itu, rilisan Disney lainnya seperti “Coco” juga meraup pendapatan yang besar di China dengan 189 juta dolar AS (Rp2,7 triliun) pada 2017.

Menurut Maoyan, film lokal “Embrace Again” menduduki puncak box office China dengan penjualan tiket sebesar 11 juta dolar AS (Rp157,9 miliar) pada pekan ini. Sementara film thriller aksi Hong Kong “G Storm” yang disutradarai David Lam berada di urutan kedua.

Peringkat ketiga diduduki oleh film lokal “Another Me” meraup 8,42 juta dolar AS (Rp120,8 miliar) serta urutan keempat ditempati oleh film “Fireflies in the Sun” dengan 4,78 juta dolar AS (Rp68,6 miliar).

Drama romantis berlatar Shanghai “B for Busy” yang dibintangi aktor Xu Zheng berada di urutan kelima dengan 4,09 juta dolar AS (Rp58,7 miliar).

Pada akhir pekan ini, bioskop China juga menampilkan debut “Chhichhore”, film India pertama yang dirilis secara teatrikal di negara tersebut dalam dua tahun terakhir sejak meningkatnya ketegangan kedua negara terkait sengketa perbatasan.

Meskipun disutradarai dan ditulis oleh Nitesh Tiwari, yang film “Dangal”-nya menjadi hit di China pada 2017, film “Chhichhore” ini hanya mampu meraup 1,43 juta dolar AS (Rp20,5 miliar) pada debutnya. Padahal film ini semula diproyeksikan dapat mencapai 3,15 juta dolar AS (Rp45 miliar) di negara tersebut.

Baca juga: Film animasi "Encanto" cetak Rp386 miliar di box office akhir pekan

Baca juga: Bincang bareng animator dan koreografer film Disney "Encanto"

Baca juga: Sutradara ungkap inspirasi "Encanto" hingga pesan untuk animator lokal

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © 2022