Jakarta () – Episode pertama serial baru KBS “The King of Tears, Lee Bang-won” yang ditayangkan perdana pada Sabtu (11/12) meraih rating pemirsa 8,7 persen di Korea Selatan, menurut Nielsen Korea.

Pencapaian rating tersebut dinilai menjadi awal yang baik bagi KBS yang kembali menampilkan drama berbasis setelah “Jang Youngsil: The Greatest Scientist of Joseon” dalam lima tahun terakhir.

Drama yang diangkat berdasarkan tokoh sejarah Lee Bang-won atau dikenal sebagai Taejong, raja ketiga Kerajaan Joseon (1392-1897), memotret kehidupan raja di tengah jatuhnya Kerajaan Goryeo (918-1392) dan berdirinya Joseon.

“The King of Tears, Lee Bang-won” disutradarai oleh Kim Hyung-il, yang sebelumnya pernah menggarap “Master of Study” dan “My Too Perfect Sons”, serta dibintangi oleh Joo Sang-wook sebagai pemeran utama.

Menurut Joo, drama ini akan menawarkan perspektif berbeda mengenai tokoh sejarah yang sudah dikenal di Korea itu, yakni lebih menekankan sisi bijaksana Lee Bang-won.

“Awalnya, dia hanya orang biasa yang belum belajar dan tumbuh. Jadi menarik untuk melihat perubahan yang dia lalui dari orang yang tidak sempurna menjadi sosok yang disegani,” kata Joo dikutip dari The Korea Times pada Senin.

Sementara sutradara mencatat bahwa drama akan menyoroti kehidupan seseorang yang memikul beban memimpin suatu bangsa, berjuang kekuasaan dan politik.

“Serial ini akan dapat memberikan jawaban mengapa Lee Bang-won melakukan hal-hal yang dia lakukan. Ini adalah kisah tentang kepemimpinan yang menghargai kebaikan yang lebih besar,” kata Kim.

Ia juga menekankan bahwa tim produksi telah memverifikasi fakta sejarah yang ada dalam cerita untuk mencegah kekhawatiran atas kemungkinan distorsi fakta sejarah.

"Kami telah meneliti fakta sejarah dan berkonsultasi dengan para ahli. Penafsiran sejarah bisa bermacam-macam, sehingga cerita diinterpretasikan mengalir dengan alur serial televisi. Tapi Anda bisa yakin tidak ada distorsi sejarah,” katanya.

Lee Bang-won sendiri lahir sebagai putra kelima Jenderal Lee Seong-gye, yang merupakan pendiri Joseon. Di akhir era Goryeo, Lee Bang-won menyimpan ambisi untuk mengubah dunia bersama dengan ayahnya.

Namun saat ia membunuh pejabat yang dihormati Goryeo, Jeong Mong-ju, keluarganya justru menjauhi Lee. Hingga akhirnya ia melawan saudara laki-laki dan ayahnya untuk mendirikan orde baru Joseon.

Baca juga: Lee Jin Wook ditawari jadi pemeran utama di "Marriage White Paper"

Baca juga: Lima tontonan Korea yang siap mengisi bulan Desember

Baca juga: Sungjae BtoB bakal jadi pemeran utama di drama "The Golden Spoon"

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © 2021