Jakarta () – Aktor Daniel Craig dianugerahi gelar Companion of the Order of St. Michael dan St. George (CMG) dalam daftar penghargaan Tahun Baru tahunan Ratu Elizabeth, dikutip dari NME pada Minggu.

Pada awalnya penghargaan Order of St. Michael dan St. George diberikan kepada pemegang komando atau ksatria Inggris dalam Perang Napoleon pada abad ke-19. Saat ini penerima penghargaan tersebut telah berubah, yakni ditujukan untuk orang-orang non-militer yang dianggap memberikan kontribusi penting dalam hubungan luar negeri dan Persemakmuran.

Penghargaan CMG diberikan kerajaan Inggris kepada Craig atas kontribusinya dalam dunia film, terutama karena perannya sebagai karakter fiksi James Bond yang ia mainkan sejak film “Casino Royale” (2006) hingga “No Time To Die” (2021) dalam waralaba 007.

Aktor berusia 53 tahun itu tampil sebagai Bond untuk terakhir kalinya melalui film “No Time To Die” yang menghasilkan lebih dari 96 juta Pound Britania (Rp1,8 triliun) di box office Inggris 2021, menjadikannya film terlaris ketiga sepanjang masa. Film ini juga merupakan film terbesar keempat tahun 2021 secara global, meraup 575 juta Pound Britania (Rp11 triliun) hingga saat ini.

Sebelum “No Time To Die” dirilis, Craig juga telah dianugerahi menjadi komandan kehormatan di Royal Navy. Penunjukan tersebut mencerminkan dukungan pribadinya untuk Angkatan Bersenjata Inggris.

Produser waralaba film James Bond, Barbara Broccoli dan Michael Wilson, juga termasuk di banyak figur publik yang telah diakui dalam daftar Penghargaan Tahun Baru 2022. Keduanya menerima kehormatan Commanders of the Order of the British Empire (CBE).

Penghargaan lainnya di bidang industri hiburan termasuk pemenang Oscar Vanessa Redgrave, bintang film “Absolutely Fabulous” Joanna Lumley, sutradara Paul Greengrass, sutradara John Boorman, sutradara Andrew Haigh, dan pembuat film indie Horace Shango Ové.

Direktur eksekutif dan kepala eksekutif gabungan Teater Nasional Inggris, Lisa Burger, dan aktor “EastEnders” Nitin Ganatra juga mendapat penghargaan.

Di bidang musik, presenter Classic FM Moira Stuart dianugerahi Commander of the Order of the British Empire (CBE) dan Margherita Taylor dianugerahi Member of the Order of the British Empire (MBE). Selain itu, British Empire Medal (BEM) dianugerahkan kepada Mark Strachan yang mendirikan Choir of the Earth saat pandemi COVID-19 pada 2020.

Baca juga: Apple TV+ buat film dokumenter "The Sound of 007"

Baca juga: "No Time To Die" akan tersedia di platform streaming AS

Baca juga: Film James Bond "No Time to Die" raup Rp165 miliar di China

Penerjemah: Rizka Khaerunnisa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © 2022