Curug Seeng Diresmikan Jadi Objek Wisata Baru di Garut

Farah

Curug Seeng bisa menjadi salah satu pilihan wisata air terjun saat menyambangi Garut, Jawa Barat.

Jakarta, Indonesia —

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut siap mengalokasikan anggaran sebesar Rp50 juta untuk tahapan rencana pengembangan objek wisata baru Curug Seeng di Kecamatan Cibiuk, Garut, Jawa Barat, agar semakin tertata sehingga bisa mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan dan menumbuhkan perekonomian setempat.

“Mudah-mudahan tahun 2021 bisa dianggarkan Rp50 juta cukup untuk pengembangan wisata Curug Seeng,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Garut, Budi Gan Gan saat meresmikan wisata baru Curug Seeng di Desa Cibiuk Kidul, Kecamatan Cibiuk, Garut, Senin (12/10), seperti yang dikutip dari ANTARA.

Ia menuturkan, Curug Seeng yang terletak dekat dengan perkampungan warga itu memiliki potensi wisata air yang menarik.

Pilihan Redaksi
  • Garut Buka Susur Sungai Dua Tebing di Leuwi Daleum
  • Pengelola Wisata Air Terjun Masih Cuek Soal Keselamatan Turis
  • 6 Ragam Air Terjun di ‘Kabupaten Seribu Curug’ Cianjur

Menurut dia, pemerintah desa dan masyarakat cukup antusias untuk membangun potensi wisata di daerahnya sehingga butuh perhatian dari pemerintah untuk pengembangannya.

“InsyaAllah tahun 2021 sudah ada DED (Detail Engineering Design) sebagai dasar pengembangan,” katanya.

“Ini lokasi wisata yang sangat luar biasa, ada air terjun, ada aliran sungai, dan nanti bisa disiapkan perahu karet,” kata Budi.

Kepala Desa Cibiuk Kidul, Usep, menambahkan, sudah sebulan lalu objek wisata Curug Seeng dibenahi bersama oleh masyarakat dan mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal.

Objek wisata itu, kata dia, memiliki daya tarik yaitu air terjun, aliran air yang bermuara ke Sungai Cimanuk, termasuk ada yang unik yakni dalam waktu tertentu bisa melihat gerombolan monyet.

“Jadi di sini bukan hanya wisata air terjun tapi ada monyet atau kera yang sudah menjadi ciri khas Cibiuk,” kata Usep.

Terkait adanya rencana bantuan dana dari Disparbud Garut, dia mengatakan, tentu menjadi pendorong untuk lebih memaksimalkan lagi pengembangan wisata desa agar lebih menarik dan nyaman untuk dikunjungi.

“Mudah-mudahan dengan adanya realisasi dari pemerintah, maka pengembangan wisata ini bisa mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat,” katanya.

[Gambas:Instagram]

(ard/ard)

[Gambas:Video ]

Next Post

BEM SI Minta Nadiem Cabut Imbauan Tak Ikut Demo Omnibus Law

Jakarta, Indonesia — Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) menuntut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim¬†mencabut dan membatalkan surat imbauan agar mahasiswa tak ikut turun ke jalan dalam unjuk rasa menolak¬†Omnibus Law UU Cipta Kerja. Koordinator Pusat Aliansi BEM SI, Remy Hastian menyebut surat imbauan Nadiem tak lebih […]