Breaking News in Indonesia

Cegat Pemudik, Polda Banten Bangun Check Poin Menuju Merak

Serang, Indonesia —

Polda Banten membangun pos penyekatan dan pemeriksaan kendaraan secara berlapis untuk mencegat pemudik yang akan menyeberang dari Pelabuhan Merak di Kota Cilegon pada musim mudik lebaran nanti.

Pos penyekatan akan dibangun di ruas jalan arteri dan jalur tol Tangerang-Merak (Tamer).

“Rencananya dalam pengamanan lebaran tahun ini, kami akan membentuk pos check point pada titik mudik sebagai dukungan program pemerintah tentang larangan mudik,” kata Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Rudy Purnomo, melalui rilis resminya, Rabu (07/04/2021).

Rekayasa lalu lintas di dalam tol dan jalur arteri juga dilakukan, untuk memutar balik kendaraan pemudik. Rudy berharap tidak ada lagi ‘kucing-kucingan’ masyarakat agar bisa mudik ke Sumatera maupun sebaliknya.

Lihat juga:

PB HMI Tegaskan Tak Terlibat Aksi Demo Anies di Balai Kota

“Rencananya kita melakukan pengalihan arus dan jalur mudik lebaran di jalan tol Tangerang-Merak dan arteri,” terangnya.

Selama musim mudik nanti Pelabuhan Merak tetap buka. Namun, kata Rudy, hanya melayani pelayaran barang, jasa hingga sembako. Khusus penumpang, sementara waktu ditiadakan.

Penutupan Pelabuhan Merak dilakukan sejak tanggal 06-17 Mei 2021. Harapannya, tidak ada masyarakat yang melakukan muslihat demi lolos dari pos penyekatan arus mudik.

Lihat juga:

Tangsel Satu-satunya Zona Merah Corona di Pulau Jawa

“Mencegah masyarakat yang melakukan mudik lebaran, kita dari PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak tidak melayani penyeberangan orang,” kata GM ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, Hasan Lessy, dalam rilis yang sama, Rabu (07/04/2021).

(ynd/wis)

[Gambas:Video ]