Cawabup Purowerjo, Polisi Pangkat Aiptu Punya Harta Rp25 M

Farah

Jabatan terakhir Kusnomo adalah Kanit 2 Bidang Ekonomi Satuan Intelkam Polres Purworejo. Ia akan mendampingi calon bupati Kuswanto, yang merupakan anggota TNI.

Jakarta, Indonesia —

Calon wakil bupati Purworejo Kusnomo tercatat memiliki kekayaan mencapai Rp25 miliar. Kusnomo adalah anggota Polri berpangkat ajun inspektur polisi satu (Aiptu) sebelum maju dalam Pilkada 2020.

Dalam dokumen Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) di situs Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), harta terbesar Kusnomo berebentuk tanah dan bangunan. Ia punya sembilan belas aset di Purworejo senilai total Rp24,9 miliar.

Kemudian Kusnomo punya tiga kendaraan bermotor dengan total nilai Rp183,5 juta. Selain itu, dia juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp22,5 juta dan kas atau setara kas senilai Rp400 juta.

Dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2019 tentang Peraturan Gaji Anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, gaji polisi berpangkat aiptu berada dalam rentang Rp2.454.000-Rp4.032.600 per bulan.

Selain gaji, anggota Polri juga mendapatkan tunjangan kinerja (tukin). Peraturan Kapolri Nomor 13 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pemberian Tunjangan Kinerja Bagi Pegawai di Lingkungan Polri mengatur polisi dalam kelas jabatan 7 (aipda dan aiptu) mendapatkan tukin sebesar Rp1.870.000 per bulan.

Lihat juga:

DPR Klaim Lapangan Kerja Minim Jika Pengusaha Dipersulit

Infografis Daftar Daerah Rawan Konflik PilkadaFoto: Indonesia/Basith Subastian
Infografis Daftar Daerah Rawan Konflik Pilkada
Lihat juga:

Buruh Sebut Omnibus Law Ciptaker Beri Janji Semu

Pada Pilbup Purworejo, Kusnomo mendampingi calon bupati Kuswanto. Kuswanto adalah anggota TNI berpangkat kolonel sebelum ikut kontestasi politik elektoral lima tahunan tersebut.

Jabatan terakhir Kusnomo di Polri adalah Kanit 2 Bidang Ekonomi Satuan Intelkam Polres Purworejo. Sementara Kuswanto menjabat Kepala Bagian Keuangan Universitas Pertahanan.

Duet anggota TNI-Polri itu diusung oleh PKB, Nasdem, dan PPP. Mereka akan bertarung dengan dua pasangan calon lainnya, yakni Agustinus Susanto-Kelik Rahmat Kabuli Jarwinto dan Agus Bastian-Yuli Hastuti.

(dhf/fra)

[Gambas:Video ]

Next Post

Panen Mobil Ambulans Saat Pandemi

Jakarta, Indonesia — Wabah virus corona (Covid-19) memukul keras penjualan mobil di Indonesia secara keseluruhan, namun justru meningkatkan performa beberapa segmen tertentu, salah satunya ambulans. Salah satu produsen ambulans, Isuzu, mengakui penjualan mobil medis itu kini lebih banyak dari biasanya. “Ambulans permintaannya besar, bahkan sepertinya tuntutan harus punya ready stock,” […]