Jakarta () – Acara Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2021 akhirnya digelar secara langsung dari Paju, provinsi Gyeonggi, Korea Selatan dan dipandu selebritas Lee Hyori pada Sabtu (11/12) sore, serta dihadiri sejumlah penonton.

Sederet musisi, aktor, penari dan komedian berpartisipasi menjadi presenter yang membacakan pemenang penghargaan yakni Lee Jung-jae, Gabee, Kwon Yool, Kim Seo-hyung, Kim Young-dae, Kim Hye-yoon, Nam Yoon-su, Noh Hong-chul, Monika, Rain dan Song Joong-ki.

Ada juga Ahn Bo-hyun, Uhm Jung-hwa, Yeo Jin-goo, Lee Do-hyun, Lee Sun-bin, Jo Bo-ah, Jo Jong-suk, Sooyoung dan Tiffany SNSD, HaHa, Han Ye-ri serta Heo Sung-tae.

Choi Siwon Super Junior seharusnya dijadwalkan juga menjadi presenter namun dia berhalangan hadir karena terkonfirmasi positif COVID-19. Saat ini, aktor pemeran Kang Book-doo dalam drama "Work Later, Drink Now" itu menjalani perawatan demi pemulihan kesehatannya.

Selain Siwon, grup idola K-pop Bangtan Sonyeondan (BTS) yang masuk lain dalam tiga kategori nominasi MAMA 2021 yakni Best Male Group, Best Dance Performance Male Group dan Worldwide Fans’ Choice Top 10 juga tak hadir karena harus menjalani isolasi COVID-19 setibanya dari Amerika Serikat.

Karantina diri wajib selama 10 hari membuat mereka tidak dapat menghadiri pertunjukan MAMA secara langsung.

Penampilan idola K-pop

Perhelatan MAMA 2021 diramaikan penampilan 9 grup idola K-pop lain aespa, ATEEZ, Brave Girls, ENHYPEN, ITZY, NCT 127, NCT DREAM, Stray Kids dan TXT, ditambah dua idola J-pop bentukan ajang "Produce 101 Japan" season 1 dan 2 yakni JO1 dan INI.

Hyunjin Stray Kids, Wooyoung ATEEZ, Yeonjun TXT, Yeji ITZY, Karina aespa, dan Heeseung ENHYPEN tampil khusus melalui pertujukkan berjudul “Bloom the Sound". Mereka yang mewakili generasi keempat grup K-pop menghadirkan koreografi secara individual.

Selanjutnya, giliran grup Brave Girls yang membawakan lagu-lagu populer mereka seperti "Chi Mat Ba Ram" dan "Rollin'".

Grup idola J-pop INI menjadi penampil berikutnya, membawakan lagu "Rockeeter", diikuti penampilan kolaborasi koreografi Kimura Masaya INI dan Kawashiri Ren JO1.

Ada juga kolaborasi dari grup idola ITZY dan aktor dalam serial "Squid Game", Heo Sung-tae, menghadirkan "Loco" dan "In the Morning" yang diwarnai adegan bak dalam film.

Band Jannabi tampil di hadapan para penonton membawakan lagu "I Know Where The Rainbow has Fallen".

Grup idola K-pop NCT U untuk kali pertama menampilkan lagu utama album terbaru mereka yang akan dirilis, yakni "Universe (Let's Play Ball"). Lagu ini dibawakan sembilan personel grup yakni Doyoung, Jungwoo, Mark, Xiaojun, Jeno, Haechan, Jaemin, YangYang dan Shotaro.

Album "Universe" sendiri dijadwalkan hadir secara resmi pada 14 Desember mendatang atau empat hari setelah perhelatan MAMA 2021.

Grup idola ATEEZ menjadi penampil berikutnya, diawali Kim Hongjoong yang melakukan tarian solo, diikuti penampilan grup membawakan dua lagu utama dalam album baru mereka, "Zero: Fever Epilogue" berjudul "Turbulence" dan "The Real (Heung ver.).

Grup Tomorrow X Together (TXT) menghadirkan "Frost", "LO$ER=LO♡ER", dilanjutkan pemenang ajang "Kingdom" Stray Kids yang menghadirkan performa "Cheese", "Hey! Monster" (3RACHA) dan "Thunderous".

Selain mereka, ada juga penampilan spesial dari musisi asal Inggris Ed Sheeran yang membawakan lagu "Bad Habits" versi performa dan "Shivers".

Setelahnya, giliran subunit NCT Dream yang tampil membawakan "Hello Future" dan "Hot Sauce", diikuti aespa dengan penampilan "Next Level" dan "Black Mamba", ENHYPEN melalui konsep "Carnival to Dilemma" menghadirkan "Drunk-Dazed" dan "Tamed-Dashed".

Subunit NCT 127 tampil membawakan "Favorite (Vampire)" dengan balutan busana atas merah dan bawahan celana hitam, diikuti lagu "Sticker" dengan balutan busana atasan putih dan bawahan celana hitam.

Sebagai penutup penampilan pada MAMA 2021, peserta ajang "Street Woman Fighter" pun ikut ambil andil. Mereka berkolaborasi bersama Lee Hyori menampilkan koreografi "Do the Dance".
 

Grup idola J-pop JO1 (twitter.com/official_jo1)

JO1, Wanna One dan MAMA

Grup idola J-pop JO1 menghadirkan performa mereka dalam MAMA yang tahun ini bertepatan dengan perayaan ulang tahun Tsurubo Shion.

Bila pada tahun lalu, JO1 membawakan dua lagu hit mereka yakni "Infinity" dan "Shine A Light", kali ini mereka hanya menghadirkan "Our Season".

Sebelumnya, Kawashiri Ren berkolaborasi bersama Kimura Masaya dari grup INI membawakan sebuah tarian.

MAMA sendiri bagi salah satu personel grup yakni Kawashiri Ren memiliki makna khusus. Sebelum debut bersama JO1, dia sempat menjadi penari untuk Wanna One di panggung MAMA.

Dalam sebuah wawancara dia mengaku gugup sekaligus antusias saat tampil di acara MAMA yang kali ini menghadirkan juga penampilan Wanna One untuk kali pertama.

"Aku pernah berada di panggung MAMA sebagai penari grup Wanna One dan sebagai anggota JO1, aku gugup sekaligus antusias bisa tampil pada panggung yang sama dengan Wanna One untuk kali pertama. Aku akan melakukan yang terbaik," kata Kawashiri Ren.

Selain pernah menjadi penari grup Wanna One, Kawashiri Ren juga pernah menjadi penari grup PENTAGON saat melangsungkan tur konser di Jepang beberapa waktu lalu. Hubungan PENTAGON dan Kawashiri Ren pun berlanjut saat dia bergabung bersama JO1.

Baca juga: BTS sapu bersih penghargaan utama MAMA 2021

Baca juga: Anneth dan Lyodra jadi artis terbaik Indonesia pada MAMA 2021

Lagu JO1 berjudul "OH-EH-OH" yang menjadi lagu utama single kedua "STARGAZER" disusun oleh pemimpin PENTAGON, Hui. Lagu ini ditampilkan pertama kali dalam acara “HEY! HEY! NEO! MUSIC CHAMP” pada 1 Agustus 2020.

Pada perhetalan MAMA tahun ini, mereka memenangkan penghargaan kategori Best Asian Artist Group (Jepang). Sementara tahun lalu, mereka meraih kemenangan untuk kategori Best New Asian Artist Group.
 

Grup idola K-pop Wanna One (Instagram.com/mnet_mama)

Reuni Wanna One

Satu penampilan lainnya yang dianggap spesial pada MAMA kali ini yakni dari pertujukkan reuni dari grup K-pop yang kini sudah bubar, Wanna One.

Wanna One sebelumnya sempat menunda syuting rekaman untuk MAMA karena salah satu staf dinyatakan positif COVID-19. Setelah memastikan semua personel grup negatif, syuting dilanjutkan.

Mereka minus Lai Guanlin yang tak bisa ikut tampil saat itu menuntaskan janji pada para penggemar sejak 1050 hari lalu tak lagi eksis di dunia musik.

Wanna One yang kala itu mengenakan busana panggung serba putih menampilkan "Spring Breeze", "Energetic", "Burn it up" dan "Beautiful (part III)" yang belum pernah mereka hadirkan sebelumnya.

Dalam sebuah kesempatan, Minhyun NU'EST, Bae Jin-young CIX dan Ong Seong-wu mengaku terharu bisa berkumpul bersama mantan rekan-rekannya di Wanna One. Park Ji-hoon bahkan mengatakan dirinya seperti sedang bermimpi.

Para pemenang MAMA 2021

Dari sisi pemenang penghargaan, grup ENHYPEN menyabet kategori Best New Male Artist, sementara untuk kategori Best New Female Artist jatuh pada grup aespa. Grup aespa juga memenangkan penghargaan untuk Best Dance Performance Female Group melalui lagu "Next Level".

Jannabi melalui lagu “A thought on an autumn night” membawa pulang untuk kategori Best Band Performance, kemudian Ash Island untuk "Melody" melalui kategori Best Hip Hop & Urban Music.

Grup INI dan JO1 masing-masing memenangkan Favorite Asian Artist (INI) dan Best Asian Artist (Jepang) (JO1).

Aktor Jo Jung-suk melalui lagu "I Like You" (drama "Hospital Playlist 2") memenangkan kategori Best OST.

Sepuluh grup idola yakni Stray Kids, NCT Dream, NCT 127, ENHYPEN, TXT, BTS, Lisa BLACKPINK, SEVENTEEN, TREASURE dan TWICE membawa pulang penghargaan kategori Worldwide Fan's Choice top 10.

Baekhyun EXO menjadi pemenang Best Male Artist, IU untuk kategori Best Female Artist. Dari kateori Best Group, grup BTS dan ITZY menjadi juaranya.

Grup BTS memenangkan delapan kategori termasuk empat penghargaan utama atau daesang yakni Album of the Year, Worldwide Icon of the Year, Song of the Year dan Artist of the Year.

Grup aespa melalui lagu "Next Level" untuk kategori Best Dance Female Group, Rose BLACKPINK memenangkan penghargaan kategori Best Dance Performance Solo, dan solois IU melalui lagu "Celebrity" sebagai pemenang kategori Best Vocal Performance.

Pemenang lainnya yakni AKMU & IU “NAKKA” untuk kategori Best Collaboration.

MAMA 2021 akan meninggalkan memori bagi sebagian penggemar, khususnya Wannable yang menantikan penampilan Wanna One sejak tahun lalu. Tak hanya itu, seperti tahun lalu, perhelatan ini menjadi salah satu penanda kemenangan sapu bersih BTS untuk kategori penghargaan utama. Selain itu, nama-nama baru seperti aespa, ENHPYEN dan INI menjadi pewarna pada nominasi pemenang MAMA tahun ini.

Satu hal lainnya, Indonesia kembali masuk salah satu negara untuk kategori Best Asian Artist yang dimenangkan Anneth Delliecia, serta Best New Asian Artist yang jatuh pada Lyodra Ginting.

Baca juga: Daftar pemenang MAMA 2021

Baca juga: "Boys Planet" bakal digelar Mnet tahun 2022

Baca juga: IU dan Baekhyun EXO menangkan penghargaan artis terbaik MAMA 2021

Oleh Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © 2021