Breaking News in Indonesia

Cara Menggunakan Clubhouse Hingga Dapat Undangan

Tips mendapat undangan Clubhouse hingga menggunakan aplikasi khusus audio ini.

Jakarta, Indonesia —

Aplikasi Clubhouse telah menjadi perhatian banyak orang. Banyak pengguna media sosial membicarakan aplikasi itu dalam beberapa pekan terakhir.

Clubhouse adalah aplikasi yang memungkinkan orang mengobrol secara real time, berbagi cerita, berkolaborasi, dan saling bertukar ide menggunakan suara. Clubhouse baru tersedia di iOS.

Aplikasi ini menjadi incaran karena mengeksklusifkan diri. Sebab, aplikasi ini baru tersedia bagi pengguna iPhone dan iPad serta harus memiliki undangan dari pengguna sebelumnya.




Berikut cara pakai hingga mendapat undangan Clubhouse.

Cara mendaftar

Anda harus memasukan nomor telepon dan nama lengkap untuk mendaftar, serta mana pengguna untuk dikenal di aplikasi itu. Setelah itu, orang di kontak Anda yang telah lebih awal bergabung di Clubhoue akan mengirim undangan.

Undangan berisi tautan dikirim melalui SMS. Anda hanya cukup mengetuk tautan itu untuk kemudian masuk ke dalam Clubhouse dengan menggunakan nomor telepon yang Anda gunakan. Bakal ada kode verifikasi lewat SMS yang dikirim oleh Clubhouse.

Cara menggunakan

Ketika sudah bisa bergabung ke dalam Clubhouse, Anda akan dihadapkan pada beragam topik oborolan, mulai dari teknologi hingga politik. Anda dapat memilih satu atau lebih topik tersebut.

Dalam setiap topik, Anda akan menemukan orang-orang yang tertarik dengan topik yang Anda pilih dan dapat mengikuti mereka.

Setelah tahap itu dilalui, Anda akan dibawa ke tampilan berisi berbagai obrolan yang sedang berlangsung, yang berkaitan dengan topik yang dipilih di awal. Cukup mengetuk salah satunya, Anda sudah bisa masuk ke dalam ruang obrolan.

Anda bisa mengangkat tangan jika ingin ikut berbicara. Namun, kesempatan itu tergantung dari izin moderator, pembicara, atau pendengar lain di dalam ruang obroan itu.

Anda juga bisa keluar dari ruang obroal dengan mengetuk ‘Leave quetly’ yang ada di kiri bawah layar ponsel Anda. Di atas daftar ruang obrolan, Anda juga dapat melihat sejumlah jadwal obrolan yang dibuat oleh pengguna lain yang terkait dengan topik yang Anda pilih.

Anda juga bisa membuat ruang sendiri yang bisa diikuti oleh semua pengguna, orang yang anda ikuti, atau orang tertentu yang Anda pilih.

Lihat juga:

‘Seumur Jagung’, Aplikasi Clubhouse Disebut Raup Dana Rp13 T

Cara mendapat undangan

Untuk mengundang orang lain bergabung ke dalam Clubhouse terbilang cukup sederhana. Anda cukup mengetuk logo amplop di bagian atas. Setelah terbuka, Anda akan melihat daftar orang yang bisa Anda undang masuk ke dalam Clubhouse.

Orang yang ada di daftar itu adalah orang-orang yang ada di dalam kontak Anda. Clubhouse menyampaikan bahwa setiap pengguna memiliki kesempatan untuk mengundang satu pengguna lain.

Dengan mengetuk ‘Invite’, Anda akan dibawa ke fitur SMS yang berisi teks ajakan untuk orang yang Anda undang bergabung ke dalam Clubhouse. Terdapat tuatan seperti ketika Anda mendapat undangan untuk bergabung dengan Clubhouse.

Jumlah pengguna yang bisa diundang pun terbatas. Pengguna yang baru ikutan, hanya bisa mengirim undangan ke dua orang baru.

Mekanisme ini digunakan karena saat ini Clubhouse masih ada dalam tahap beta. Setelah tahap ini selesai di 2021, mereka baru akan membuka Clubhouse bagi pengguna di seluruh dunia.

(jps/eks)

[Gambas:Video ]