Cara Mengatasi Anak Susah Pakai Masker

Farah

Berikut tips bagi orang tua untuk mengatasi anak susah pakai masker.

Jakarta, Indonesia —

Di masa pandemi seperti sekarang, masker adalah perlengkapan esensial untuk menghentikan penyebaran virus Covid-19. Namun #pakaimasker pada anak bukanlah perkara mudah.

Sebagian orang tua mengalami kendala dalam membiasakan sang buah hati menggunakan masker ketika beraktivitas di luar ruangan. Untuk mengatasi anak susah pakai masker, perlu dari orang tua yang bisa dicoba.


Usia Ideal Anak Memakai Masker

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan anak berusia 2 tahun ke atas untuk mengenakan masker kain. Anak di bawah usia 2 tahun belum perlu dipakaikan masker karena berisiko tercekik.

Apalagi saluran pernapasan bayi di bawah 2 tahun masih kecil, jadi akan sulit bernapas jika memakai masker.

Kendati demikian, masing-masing negara memiliki persyaratan usia yang berbeda tentang penggunaan masker untuk anak-anak. Namun sejauh ini, rekomendasi dokter anak di Indonesia menyarankan #pakaimasker bisa dimulai sejak usia 2 tahun.


Cara Mengatasi Anak Susah Pakai Masker

Orang tua perlu memahami bahwa anak-anak sudah sewajarnya aktif dan mudah resah, sehingga pemakaian masker pada anak perlu penyesuaian dan kesabaran dari orang tua. Berikut tips agar anak terbiasa pakai masker saat keluar rumah.

1. Konsisten

Ingatkan anak-anak untuk memakai selalu memakai masker, sama seperti Anda. Terus pantau dan ingatkan agar anak tidak menyentuh masker dan tetap menutupi mulut dan hidung mereka.

2. Biarkan memilih masker favoritnya

WHO menyarankan anak menggunakan masker jenis nonmedis atau kain. Sekarang sudah banyak tersedia masker dengan karakter lucu dan unik.

Anda bisa membebaskan anak untuk memilih masker dengan karakter atau warna yang disukai. Semakin mereka suka dengan maskernya, semakin semangat anak menggunakannya.

3. Foto

Ketika anak mau memakai masker, Anda bisa memuji penampilan mereka dan mengambil foto, atau sekadar bercermin bersamanya.

4. Pakaikan di boneka

Anda bisa mengajari anak dengan mencontohkan. Misalnya untuk anak-anak yang lebih kecil, pakaikan masker pada boneka agar mereka merasa bahwa pakai masker adalah hal yang wajar dan normal.

(fef)

Next Post

Corona Buat Bos Travel Banting Setir Jadi Tukang Jus Pakcoy

Bandung, Indonesia — Pandemi covid-19 ‘memukul’ berbagai usaha tak terkecuali sektor pariwisata. Segala turunan bisnis sektor pariwisata terpaksa harus menelan pil pahit karena pembatasan wilayah membuat usaha bak mati suri. Joseph Sugeng Irianto (52), salah satu pengusaha yang ikut merasakan dampak virus corona ‘menginfeksi’ bisnis tur dan travelnya. Joseph mengaku pendapatan […]