Cara Cek Plat Nomor via Online, SMS, dan Aplikasi

Farah

Cek plat nomor kendaraan tak harus dilakukan tatap muka atau mendatangi Samsat daerah. Berikut cara cek plat nomor online yang bisa dilakukan dengan mudah.

Jakarta, Indonesia —

Plat nomor kendaraan yang legal adalah plat nomor yang terdaftar resmi di sistem administrasi negara. Cara cek plat nomor bisa dilakukan secara manual maupun daring atau online.

Cara manual cek plat nomor bisa dilakukan di Samsat wilayah domisili kendaraan yang bersangkutan. Namun, jika seseorang tak punya cukup waktu untuk melakukannya, cek plat nomor online bisa jadi solusi.

Berikut sejumlah cara cek plat nomor tanpa harus mendatangi kantor Samsat setempat:




Cara Cek Plat Nomor Online

Ilustrasi Plat Nomor Kendaraan Bermotor di Jalan Petogogan, Jakarta Selatan, Selasa (26/72016).  Indonesia/Djonet SugiartoFoto: Indonesia/Djonet Sugiarto
Ilustrasi. Cara cek plat nomor online, SMS, maupun aplikasi

Pada dasarnya cek plat nomor dilakukan sesuai domisili administrasi kendaraan tersebut, maka dari alamat pengecekannya pun disesuaikan. Berikut cara cek plat nomor secara online di sejumlah daerah.

1. DKI Jakarta

Plat nomor kendaraan yang berdomisili di Jakarta Raya diawali dengan huruf B. Golongan kendaraan ini dapat mengecek plat nomor secara online di situs Samsat Jakarta.

Pengguna kendaraan bermotor bisa mengecek dengan mengunjungi situs https://samsat-pkb2.jakarta.go.id/. Di sana, pengguna hanya tinggal memasukkan nomor plat kendaraan.

Untuk kepemilikan pribadi, pengguna juga bisa menambahkan informasi NIK atau nomor induk kependudukan. Dari situ, pengguna bisa melihat informasi yang terdiri atas  merk kendaraan, model kendaraan, tahun produksi, warna kendaraan, nomor rangka, dan nomor mesin.

Di situ juga pengguna atau pemilik bisa melihat info rincian pajak kendaraan dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB).

2. Jawa Barat

Cara cek plat nomor online juga bisa dilakukan oleh pengguna atau pemilik kendaraan bermotor dengan domisili terdaftar di kota-kota di Jawa Barat.

Pengguna atau pemilik kendaraan bisa melakukan cek di laman Badan Pendapatan Daerah atau Bapenda Provinsi Jawa Barat. Pengguna atau pemilik bisa melakukannya di https://bapenda.jabarprov.go.id/infopkb/.

Di laman tersebut, pengguna atau pemilik tinggal memasukkan nomor kendaraan, memilih warna tanda nomor kendaraan bermotor (plat nomor), dan memasukkan kode verifikasi pengguna manusia.

Ketika data tersebut diinput, maka pengguna atau pemilik bisa melihat informasi yang terdiri dari merk kendaraan, model kendaraan, tahun produksi, warna kendaraan, nomor rangka, dan nomor mesin.

Di situ juga pengguna atau pemilik bisa melihat info rincian pajak kendaraan dan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB).

Kondisi lalu lintas di tol ruas tol Jakarta-Cikampek mengalami kemacetan setelah Gerbang Tol Halim, setelah pengumuman masa transisi PSBB, Jumat (5/6).Cek plat nomor kendaraan online mungkin dilakukan melalui situs Samsat, SMS, atau aplikasi. (Foto: Indonesia/Tri Wahyuni)

3. Jawa Timur

Seperti di daerah lain, pengguna atau pemilik kendaraan bermotor di Jawa Timur juga bisa melakukan cek plat nomor online di situs Badan Pendapatan Daerah Jawa Timur.

Pengguna atau pemilik kendaraan bermotor hanya tinggal mengunjungi laman e-Samsat Jawa Timur di alamat https://info.dipendajatim.go.id/esamsat/.

Dengan memasukkan nomor plat kendaraan dan kota/kabupaten asal kendaraan, pengguna bisa melihat detil info kendaraan dan data perpajakannya.

Untuk daerah lainnya, pengguna atau pemilik kendaraan bermotor bisa mencari info terkait alamat e-Samsat daerah masing-masing untuk cek plat nomor online. Cek plat nomor beserta pajak kendaraan di setiap daerah juga bisa dilakukan melalui https://cekpajak.com/.

Lihat juga:

Cara Blokir STNK via Online Cegah Pajak Progresif Kendaraan

Cara Cek Plat Nomor via SMS

Sejumlah kendaraan terjebak macet di Tol Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, Selasa (10/11/2020). Kemacetan tersebut diakibatkan penumpukan massa di daerah Tol Bandara saat penyambutan kedatangan Habib Rizieq Shihab (HRS). ANTARA FOTO/Fauzan/aww.Ilustrasi cara cek plat nomor via SMS. Cek plat nomor bisa dilakukan sekaligus dengan cek status pajak (Foto: ANTARA FOTO/FAUZAN)

Cek plat nomor online atau tanpa tatap muka pun bisa dilakukan dengan layanan SMS. Berikut cara cek info kendaraan atau plat nomor kendaraan di sejumlah daerah:

  • Jakarta: “METRO(spasi)No Kendaraan” ke 1717
  • Jawa Barat: “INFO(spasi)No Kendaraan” ke 08112119211
  • Jawa Tengah: “JATENG(spasi)No Kendaraan” ke 9600
  • Jawa Timur: “JATIM(spasi)No Kendaraan” ke 7070
  • Kepulauan Riau: “KEPRI(spasi)No Kendaraan” ke 9969
  • Yogyakarta: “DIY(spasi)No Kendaraan” ke 9600

Cara Cek Plat Nomor via Aplikasi

Ilustrasi iPhone 6Foto: Picjumbo/Viktor Hanacek
Ilustrasi cara cek plat nomor via aplikasi

Cek plat nomor juga bisa dilakukan dengan aplikasi ponsel. Sejumlah daerah di Indonesia memiliki aplikasi cek plat nomor kendaraan masing-masing, sebagai berikut:

  • Jawa Tengah: SAKPOLE e-SAMSAT JATENG
  • Jawa Timur: E-Smart Samsat Jatim
  • Jawa Barat: SAMBARA
  • Jakarta: Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta
  • Yogyakarta: Pajak Kendaraan Yogyakarta
  • Aceh: Peluit Ditlantas Polda Aceh
  • Kepualauan Riau: Esamsat Kepri
  • Sulawesi Utara: Info Pajak Kendaraan Sulut
  • Lampung: Info Pajak Kendaraan Bermotor Bapenda Lampung
  • Sulawesi Selatan: eSamsat Sulsel
  • Kalimantan Utara: eSamsat Kalimantan Utara
Lihat juga:

Cara Cek Pajak Kendaraan Sebelum Terlambat

Itu lah sejumlah cara cek plat nomor online yang tersedia dengan beberapa cara tanpa harus melakukannya secara tatap muka atau dengan mendatangi kantor Samsat setiap daerah.

(fjr)

[Gambas:Video ]


Next Post

Campur Aduk Emosi Penyelam SAR Sriwijaya Air SJ 182

Jakarta, Indonesia — Senin (11/1) pagi yang panas, di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Budi Cahyono (49) sudah bersiap di tenda relawan untuk diterjunkan menyelam di perairan mencari puing dan korban pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Ditemani tujuh tabung oksigen di sampingnya, ia menunggu arahan dari Badan SAR Nasional (Basarnas) tanpa […]