Cara Buat Podcast Dana Minim, Hindari Rekaman Siang Hari

Farah

Membuat podcast di rumah 'susah-susah gampang'. Namun kamu tak perlu khawatir, sebab ada cara untuk membuat podcast untuk kategori pemula.

Jakarta, Indonesia —

Podcast makin digandrungi masyarakat Indonesia. Di era digital ini penggunanya para millenial dan tak sedikit pendengar setianya. Konten-konten yang dimuat juga beragam, mulai hobi, isu nasional sampai menghadirkan konten menyasar segmen pasar yang sangat spesifik (niche market).

Untuk diingat membuat podcast di rumah “susah-susah gampang”. Namun kamu tak perlu khawatir, sebab ada cara untuk membuat podcast di rumah untuk kategori pemula yang dananya relatif terbatas.

Podcast umumnya merupakan rekaman asli audio atau video, tetapi bisa juga merupakan rekaman siaran televisi atau program radio, kuliah, pertunjukan, dan acara lainnya.




Membuat podcast sepertinya hal baru yang patut dicoba apalagi kala pandemi virus corona, yang membuat banyak orang memilih untuk berdiam diri di rumah. Berikut cara membuat podcast di rumah:

1. Perencanaan podcast

Ini adalah tahap awal untuk membuat podcast. Siapkan buku catatan sehingga kamu dapat mulai merencanakan podcast, seperti dikutip Podcast Insight, Kamis (15/10).

Misalnya, menentukan latar musik, membuat naskah, dan membuat tampilan gambar podcast.

2. Pilih topik pembicaraan podcast

Cobalah untuk mempersempit topik menjadi sesuatu yang dapat Anda bicarakan untuk banyak episode tapi topik yang dipilih jangan terlalu umum karena tidak akan menarik banyak pendengar.

Jika podcast Anda sudah banyak didengar, disarankan untuk menentukan topik yang lebih luas.

Lihat juga:

Cara Melihat Stalker di Instagram

3. Pilih Co-host untuk podcast

Akan jauh lebih mudah untuk memulai podcast jika anda memiliki co-host misalnya teman atau rekan kerja bahkan sanak keluarga.

Karena alur pembicaraan akan terasa lebih luwes atau alami jika Anda melakukan podcast dengan ditemani co-host untuk berbagi sudut pandang tentang suatu topik.

4. Pilih nama podcast kamu yang tepat dan mudah diingat

Kamu bisa melakukan referensi untuk mencari nama podcast sendiri dengan melihat para ‘podcaster’ yang sudah ada di youtube atau media sosial lain.

5. Tentukan format durasi

Rata-rata podcast berdurasi belasan sampai puluhan menit. Kamu bisa menentukan sendiri durasi waktu yang cocok untuk topik yang ingin Anda bahas.

6. Rekam dan edit podcast

Alat yang digunakan sangat ringkas, yaitu pengeras suara dengan mencolokkan mikrofon USB ke PC atau laptop. Setelah itu kamu perlu beberapa perangkat lunak untuk bisa merekam dan mengedit audio.

Ada beberapa aplikasi yang biasanya digunakan yaitu Audacity, Adobe Audition, dan Alitu, seperti dikutip The Podcast Host.

7. Gunakan ruang kedap suara untuk podcast

Penggunaan ruang kedap suara akan meningkatkan kualitas podcast kamu. Ruang kedap suara ini bisanya telah dilengkapi komponen-komponen peredam agar suara meredam suara dari luar masuk ke ruang podcast, seperti suara motor, mobil dan lainnya.

Untuk menghasilkan ruangan kedap suara seperti itu praktis mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Untuk kamu yang kantong cekak bisa gunakan alternatif, yaitu usahakan ketika melakukan proses rekam dilakukan pada malam hari atau saat minim aktivitas warga. Ini untuk menghindari suara-suara yang tidak diinginkan merangsek ke ruang studio rekaman.

(din/mik)

[Gambas:Video ]

Next Post

Polisi Thailand Sapu Ribuan Demonstran Usai Dekrit Darurat

Jakarta, Indonesia — Polisi Thailand dilaporkan telah menyapu ribuan demonstran di Bangkok setelah pemerintah mengeluarkan dekrit darurat. Dalam dekrit tersebut pemerintah melarang pertemuan lima orang atau lebih hingga publikasi berita atau pesan online yang dapat membahayakan keamanan nasional. Eskalasi massa telah meningkat selama tiga bulan terakhir menuntut reformasi di Thailand. Pengunjuk rasa […]