Cara Agar Google Tak Hapus Konten di Gmail Hingga Drive

Farah

Cara mencegah agar konten di Gmail, Google Drive dan Photos tidak dihapus Google.

Jakarta, Indonesia —

Google menyatakan akan menghapus konten pengguna di Gmail, Google Drive, dan Photos dari server jika akun tidak aktif selama dua tahun.

Agar tetap terlihat aktif, setidaknya pengguna mesti sesekali melakukan login ke akun tersebut.

Penghapusan konten bukan saja jika pengguna tak aktif login ke akun Google. Tapi juga dilakukan bagi mereka yang kedapatan menyimpan data melebihi kapasitas yang disediakan.




Sebab, sebelumnya Google memberikan akses gratis dengan kapasitas tak terbatas bagi mereka yang mengunggah foto dengan resolusi tinggi di Google Foto.

Konten yang dihapus mencakup konten yang ada pada Gmail, Google Drive, dan Google Foto.Kebijakan itu dilaporkan berlaku efektif 1 Juni 2021.

Kebijakan tidak akan berlaku untuk pengguna yang telah membeli penyimpanan tambahan. Kebijakan batas 15 GB untuk Google Foto juga tak berlaku bagi mereka yang sudah menyimpan foto beresolusi tinggi sebelum 1 Juni 2021, seperti ditulis dalam blog Google.

Meski demikian, kebijakan baru akan diberlakukan secara ketat pada 1 Juni 2023.

Melansir Gizmo China, Google juga akan menghapus konten penggunanya jika mereka tidak meningkatkan kapasitas penyimpanan mereka.

Lihat juga:

Google-Apple Bakal Tendang Penjual Data Muslim Pro

Tapi, kebijakan baru menyebut jika penyimpanan Google Foto lebih dari 15 GB dan tidak ditingkatkan menjadi pengguna berbayar, maka Google berhak menghapus konten yang melebihi batas penyimpanan data.

Ada pengecualian untuk foto dan video berkualitas tinggi yang sudah ada dan dicadangkan sebelum 1 Juni 2021. Serta file Google Drive yang ada juga tidak akan dihapus, kecuali dimodifikasi pada atau setelah tanggal tersebut.

Melansir blog resmi, Google menyampaikan dua cara agar konten pada akun Anda tidak dihapus. Pertama, jangan tinggalkan akun Google Anda (Gmail, Drive, atau Google Foto) selama dua tahun. 

Jika Anda tidak aktif dalam satu atau beberapa layanan itu selama dua tahun (24 bulan), Google dapat menghapus konten dalam produk di mana Anda tidak aktif.

Lihat juga:

5 Resep Paling Dicari di Google Selama 2020

Kedua, jangan melebihi batas penyimpanan 15GB. Google dapat menghapus konten Anda di Gmail, Drive, dan Foto jika Anda melewati batas penyimpanan selama dua tahun.

“Kami akan memberi tahu Anda beberapa kali sebelum kami mencoba menghapus konten apa pun sehingga Anda memiliki banyak peluang untuk mengambil tindakan,” kata Google dalam keterangan resmi.

Kemudian, Google menyampaikan cara paling sederhana untuk menjaga akun Anda tetap aktif adalah dengan mengunjungi Gmail, Drive, atau Foto secara berkala di web atau seluler.

(jps/eks)

[Gambas:Video ]


Next Post

Mahfud MD Sebut RUU Omnibus Law Kelautan Masih di Meja Jokowi

Jakarta, Indonesia — Menko Polhukam Mahfud MD memastikan Rancangan Undang-undang omnibus law kelautan telah sampai ke meja Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Dia pun memastikan bakal aturan baru untuk menyederhanakan tata kelola kelautan itu akan terus jalan dan bisa segera diundangkan. “Sekarang sudah ada di meja presiden. Karena omnibus law-nya kan bertingkat, […]