Cai Chang Pan, Terpidana Narkoba asal China Tewas di Bogor

Farah

Cai Changpan alias Cai Ji Fan, terpidana kasus narkoba asal China ditemukan tewas gantung diri di sekitar pabrik pembakaran ban di dalam Hutan Jasinga Bogor.

Jakarta, Indonesia —

Cai Changpan alias Cai Ji Fan, terpidana kasus narkoba asal China ditemukan tewas gantung diri di sekitar pabrik pembakaran ban di dalam Hutan Jasinga Bogor, Jawa Barat, Sabtu (17/10).

Cai Changpan merupakan terpidana kasus narkoba yang divonis mati terkait kasus penyelundupan sabu seberat 110 kg pada 2016. Ia sempat mendekam di Lapas Klas I Tangerang.

Namun, ia dinyatakan hilang setelah kabur dengan cara menggali tanah kamar tahanannya pada 14 September 2020 lalu.

Pada awal Oktober, Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Yusri Yunus, mengungkapkan bahwa Cai juga sempat mengajak teman satu selnya untuk ikut melarikan diri. Namun, teman satu sel itu menolak tawuran Cai untuk kabur dari lapas.

Berdasarkan hasil gelar perkara awal, dua sipir diduga terindikasi membantu pelarian Cai. Keduanya, disebut membantu Cai membelikan pompa air untuk menggali lubang dan mendapat imbalan Rp100 ribu.

Lihat juga:

Buru WN China Terpidana Mati, Polisi Kerahkan Anjing K9

Sehingga, Ditjen PAS Kemenkumham menonaktifkan lima petugas dari jabatannya terkait kaburnya Cai. Kabag Humas dan Protokol Ditjen PAS, Rika Aprianti mengatakan untuk sementara waktu mereka ditempatkan di Kanwil Kemenkumham Banten.

Sementara itu, polisi juga langsung fokus mencari keberadaan Cai Chang Pan di wilayah Hutan Tenjo, Bogor, Jawa Barat. Sebab, usai kabur Cai sempat pergi ke kediamannya yang berada di wilayah Tenjo dan bertemu dengan istri serta anaknya.

Hingga pada Sabtu (17/10), Yusri mengungkapkan Cai Chang Pan telah ditemukan meninggal dunia akibat gantung diri di sekitar pabrik pembakaran ban di dalam Hutan Jasinga Bogor. Pabrik itu disebut kerap dijadikan tempat bermalam buronan.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun, Yusri menuturkan terpidana sempat mengancam satpam di lokasi tersebut untuk tidak melaporkan dirinya.

Lihat juga:

WN China Terpidana Mati Kabur, 5 Petugas Lapas Dinonaktifkan

Namun, setelah mendapat laporan, aparat kepolisian langsung bergerak ke lokasi pabrik yang dimaksud dan melakukan penggerebekan. Saat itulah, pihaknya menemukan Cai yang sudah tak bernyawa.

Setelah itu, jenazah Cai dibawa ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati untuk dilakukan autopsi. Polisi juga masih mendalami dan mengumpulkan bukti-bukti sebelum perilisan secara resmi kepada publik.

(chr/chs)

[Gambas:Video ]

Next Post

Update 18 September: 522 WNA Positif Covid-19 di Indonesia

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 kembali melaporkan, jumlah warga negara asing (WNA) yang terpapar Covid-19 di Indonesia bertambah. Ada peningkatan 12 kasus dari Selasa (13/10) yang masih 510 orang. Hingga hari ini, Minggu (18/10), WNA terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 522 orang. Data dilaporkan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melalui covid19.go.id. Dari 522 […]