Jakarta () – Single hit dari grup K-pop BTS "Dynamite" dikabarkan telah menerima sertifikat tripel platinum di Amerika Serikat.

Mengutip Korea Herald, Selasa, Asosiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA) mengungkapkan sertifikasi di situs web-nya pada Senin (1/11) waktu Amerika Serikat bahwa pihaknya mengakui lagu tersebut telah mencapai lebih dari 3 juta unit dalam penjualan dan streaming. Sehingga, lagu "Dynamite" pun berhak mendapatkan sertifkat tripel platinum.

Penghargaan tersebut berkisar dari sertifikasi emas untuk 500 ribu unit, platinum untuk 1 juta unit, multi-platinum untuk 2 juta unit dan berlian untuk 10 juta unit. Unit bersertifikat dihitung berdasarkan penjualan album fisik dan digital, unduhan digital, serta streaming audio dan video.

"Dynamite" diketahui merupakan single atau album pertama yang sukses mendapatkan triple platinum.

Selain itu menurut web RIAA, album EP "BE" yang dirilis pada November tahun lalu pun juga mendapatkan sertifikasi platinum sementara lagu utama album "Life Goes On" memperoleh sertifikasi emas.

Dengan prestasi tersebut, BTS dinilai memiliki sertifikasi terbanyak untuk artis Korea dengan total empat platinum untuk album "BE", "Map of the Soul: 7" dan "Love Yourself: Answer". BTS juga mendapatkan sertifikasi untuk ”Butter", "Idol", dan "Boy With Luv"

Single "Dynamite" merupakan lagu berbahasa Inggris pertama yang dibawakan oleh grup tersebut. Sehingga, lagu ini menjadikan BTS sebagai artis Korea pertama yang debut di No.1 chart single utama Billboard Hot 100 pada tahun 2020. Bahkan "Dynamite" pun sukses menjadi salah satu nominasi di Grammy.

Baca juga: BTS gelar konser daring hari Minggu

Baca juga: Lagu BTS akan ditampilkan dalam film "Eternals"

Baca juga: BTS akan tampil di iHeartRadio Jingle Ball Los Angeles

Penerjemah: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © 2021