Breaking News in Indonesia

Bos Ramen Nongshim Wafat, Kepemimpinan Digantikan ‘Chaebol’

Jakarta, Indonesia —

Shin Dong-won, putra tertua mendiang Shin Choon-ho yang merupakan pencetus dan bos produsen ramen instan terbesar di Korea Selatan Nongshim, terpilih menggantikan posisi ayahnya yang wafat di usia ke 91 pada Sabtu (3/4) di Rumah Sakit Universitas Nasional Seoul.

Mengutip dari Korean Times pada Minggu (4/4), sebagai chaebol (sebutan bagi ahli waris dalam budaya Korea Selatan) di Nongshim, Shin Dong-won akan memperluas bisnis mie instan yang dikelolanya ke pasar global.

Ia juga akan menambahkan beberapa produk pengganti makanan (Home Meal Replacement) dan makanan kesehatan ke dalam portofolio bisnisnya, serta fokus untuk membangun Korea Nongshim sebagai perusahaan makanan umum.




Dari beberapa rencana tersebut, Shin Dong-won memilih air mineral dan produk makanan pengganti atau Home Meal Replacement sebagai mesin utama perluasan pasarnya.

Pilihan Redaksi
  • INTIP: Artis Drakor dari Keluarga Chaebol, Tajir Melintir
  • Jelang Puasa, Saatnya Berburu Saham Sektor Konsumer
  • Bos Pencetus Ramen Nongshim Meninggal di Usia ke 91

Adapun merek air mineral yang dimaksud adalah Nongshim Baeksansu yang diluncurkan pada tahun 2012. Produk ini telah menempati urutan ketiga di industri lokal. Dari produk ini, perusahaan berhasil meraup laba bersih sebesar 100 juta won pada 2019 dan tahun lalu angkanya melonjak menjadi 6 miliar won.

Sedangkan untuk bisnis produk HMR Nongshim, Dong-won telah meluncurkan peralatan makan bernama Cooktam pada 2017. Namun produk tersebut belum dapat menandingi pemimpin pasar saat ini yang dikuasai oleh CJ CheilJedang, Dongwon Food & Beverage dan Daesang.

Selain fokus pada produk Home Meal Replacement, Dong-won juga menyasar bisnis daging untuk mempeluas pangsa pasar perusahan. Rencana itu ia sampaikan dalam rapat umum pemegang saham reguler pada 25 Maret lalu.

Dari rapat tersebut, Nongshim meluncurkan merek Veggie Garden yang menggabungkan daging alternatif dan produk HMR.

Sementara itu, untuk target global mereka sedang membangun fasilitas manufaktur kedua di Amerika Serikat untuk menargetkan pasar Amerika Selatan. Konstruksi bangunan telah berjalan sejak 2019 dengan nilai investasi sebesar US$ 200 juta dalam proyek tersebut.

Selain Shin Dong-won, pendiri Nongshim Shin Choon-ho juga meninggalkan dua putra lain yakni Shin Dong-youn dan Shin Dong-ik, serta dua putri yakni Shin Hyun-joo dan Shin Yoon-kyung. Ia juga meninggalkan seorang bernama Kim Nak-yang.

Shin Choon-ho merupakan adik dari Shin Kyuk-ho, mendiang pendiri raksasa ritel Lotte Group yang meninggal pada Januari 2020.

Di pemakaman Shin Choon-ho, putri tertua Shin Kyuk-ho, yang bernama Shin Young-ja juga hadir. Sedangkan, putra lainnya yang bernama Shin Dong-bin tidak dapat hadir karena dia tinggal di Jepang namun ia mengirimkan karangan bunga sebagai persembahan belasungkawa.

(nly/ard)

[Gambas:Video ]