Jakarta () – Sineas Korea Selatan, Bong Joon-ho, yang juga merupakan presiden juri di Festival Film Internasional Venesia ke-78, mengatakan dirinya optimistis bahwa pandemi COVID-19 akan berlalu, dan seiring dengan itu, sinema akan bangkit kembali.

"Karena COVID di Korea dan di seluruh dunia, pembuat film mengalami masa yang sangat sulit tahun lalu dan tahun ini. Tapi di satu sisi, melihat ke belakang, rasanya seperti ini adalah ujian, dan apa yang ditunjukkannya adalah kekuatan dari sinema yang begitu hidup," kata Bong di Palazzo Del Casino, Italia, dikutip dari Hollywood Reporter, Kamis.

"Sebagai pembuat film, saya tidak percaya sejarah perfilman perfilman dapat dihentikan dengan mudah, sehingga COVID akan berlalu dan sinema akan terus berlanjut," ujarnya menambahkan. 

Sutradara "Parasite" (2019) itu memberikan apresiasi kepada para pembuat film, terutama mereka yang bergabung dengannya di konferensi pers edisi ke-78 Festival Film Venesia.

"Mereka semua memiliki alam semesta kreatif mereka sendiri dan mereka semua hebat dengan caranya sendiri, jadi saya berharap untuk menyatukan mereka semua dan memiliki semacam 'ledakan' bersama mereka," kata dia.

Selain Bong, adapun juri Festival Film Venesia ke-78 termasuk pemenang Oscar Chloe Zhao ("Nomadland"), aktris Prancis Virginie Efira ("Benedetta" karya Paul Verhoeven), sutradara Italia Saverio Costanzo ("Hungry Hearts"), aktris dan produser Kanada Sarah Gadon ("Enemy"), pembuat dokumenter Rumania Alexander Nanau ("Collective") dan aktris serta penyanyi-penulis lagu Inggris Cynthia Erivo ("Widows", "Harriet").

"Nomadland" memenangkan Golden Lion di Venesia tahun lalu dalam perjalanannya untuk memenangkan tiga Oscar, tetapi Zhao tidak dapat menghadiri acara tersebut karena pembatasan terkait pandemi. Berbicara kepada orang banyak di sekitarnya, Zhao mengatakan bahwa kembali ke Venesia hanya setahun kemudian sangat berarti baginya.

"Saya patah hati karena saya tidak bisa berada di sini tahun lalu. Untuk kembali – pertama kalinya saya di Italia – dan terutama untuk melayani di bawah arahan sutradara Bong dan sesama anggota juri saya yang luar biasa, saya merasa terhormat," kata Zhao.

Sementara itu, Festival Film Venesia memiliki sejumlah penghargaan bergengsi yang akan diberikan oleh para peserta pembuat film terpilih. Mulai dari Golden Lion untuk film terbaik, Silver Lion untuk sutradara terbaik, Coppa Volpi untuk aktris terbaik, Coppa Volpi untuk aktor terbaik, penghargaan spesial juri, penghargaan untuk skenario terbaik dan Penghargaan “Marcello Mastroianni” untuk aktor atau aktris muda baru terbaik.

Festival Film Internasional Venesia ke-78 berlangsung pada 1-11 September, dengan Golden Lion dan penghargaan lainnya dibagikan pada upacara pada 10 September.

Baca juga: "Parasite" tembus 10 juta penonton di bioskop Korsel

Baca juga: Festival Film Venesia hadir lagi, dengan masker dan tes COVID-19

Baca juga: Cerita Timothee Chalamet perankan Paul Atreides di film "Dune"

Penerjemah: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © 2021