Biji Rambutan Disebut Bisa Obati Kencing Manis

Farah

Jakarta, Indonesia —

Rambutan jadi salah satu jenis buah tropis yang digemari. Bentuk buahnya yang khas dengan serabut atau rambut, kemudian cara makannya khas pula. Anda kupas, dimakan daging buahnya yang berwarna putih dan buang bijinya.

Namun tunggu dulu, biji rambutan kini sebaiknya tidak Anda buang begitu saja. Menilik beberapa penelitian, rupanya biji rambutan mampu obati kencing manis.

Sebuah riset yang diterbitkan di Jurnal Ilmu Kefarmasian Indonesia pada 2013 menemukan biji rambutan mampu menurunkan kadar gula darah dan berat badan tikus.

Pilihan Redaksi
  • Studi: Obat Diabetes Bantu Meluruhkan Lemak Perut
  • Tips Menjaga Anak Tetap Sehat Saat Musim Pancaroba
  • 6 Manfaat Hebat Berkegiatan di Luar untuk Kesehatan

Sebanyak 30 tikus dibagi dalam 6 kelompok perlakuan yakni kelompok kontrol (diberi perlakuan air suling), kelompok kontrol negatif (aloksan dan air suling), kemudian tiga kelompok lain diberi seduhan biji rambutan dengan tiga dosis berbeda. Aloksan merupakan zat yang digunakan untuk menginduksi diabetes melitus tipe 1 pada hewan coba.

Hasilnya, pemberian seduhan biji rambutan dengan dosis tinggi selama 16 hari mampu menurunkan kadar glukosa darah dan berat badan secara signifikan.

“Seduhan biji rambutan dengan dosis 3,12 g/kg bw yang diberikan pada tikus mampu memberikan hasil penurunan kadar gula darah dan penurunan berat badan yang sama dengan kelompok yang diberi perlakuan glibenclamide 0,65 mg/kg bw [Glibenclamide adalah obat untuk mengendalikan kadar gula darah],” tulis peneliti.

Sementara itu, biji rambutan untuk obati diabetes melitus tentu perlu dikembangkan menjadi minuman. Rupanya pada 2015, dua orang mahasiswa dari Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas U’budiyah, Banda Aceh, Feni Junita Sari dan Marleni, sukses memproduksi minuman dari biji rambutan.

“Lewat studi yang kami lakukan, berdasarkan praktik kesehatan masyarakat di Gayo Lues, kami menemukan bahwa biji rambutan memiliki banyak manfaat dalam pencegahan diabetes,” kata Feni Junita seperti dikutip dari The Strait News.

Dalam riset ditemukan, biji rambutan mengandung 30-43 persen lemak murni, serat, pati dan asam stearat. Dia berkata komposisi kandungan ini yang membuat biji rambutan obati kencing manis. Marleni menambahkan biasanya biji rambutan memang digunakan sebagai alternatif obat untuk menormalkan gula darah.

Bagaimana cara mengonsumsi biji rambutan demi obati kencing manis?

Feni Junita mengatakan untuk dibuat minuman, biji rambutan perlu dipotong-potong dan dikeringkan selama 2-3 hari. Biji yang dikeringkan akan berubah warna menjadi kuning kehitaman.

Biji rambutan ditumbuk menjadi serbuk dan diminum dengan air panas. Menurutnya, seduhan biji rambutan perlu dikonsumsi satu atau tiga kali sehari sebelum makan.

“Terapi ini harus dilakukan sesuai dengan kebutuhan konsumsi gula seseorang,” katanya.

(els/agn)

[Gambas:Video ]


Next Post

Polisi Ringkus Dalang Pencurian Rumah Mewah Kedoya

Jakarta, Indonesia — Polisi meringkus dalang pencurian rumah mewah di Kedoya, Jakarta Barat berinisial A pada Minggu (28/3) sore kemarin. Kapolsek Kebon Jeruk Kompol Robinson Manurung mengatakan pelaku ditangkap di wilayah Jakbar. “Benar ditangkap kemarin sore,” kata Robinson saat dihubungi, Senin (29/3). Dalam penangkapan itu, kata Robinson, pihaknya turut mengamankan […]