Beda Tamago dan Telur Gulung

Farah

Meski sepintas terlihat sama, tapi tamagoyaki dan telur gulung memiliki perbedaan. Kenali beda tamago dan telur gulung berikut ini.

Jakarta, Indonesia —

Tamagoyaki dan telur gulung sama-sama menjadikan telur sebagai bahan utama. Meski sepintas terlihat sama, tapi keduanya memiliki perbedaan. Kenali beda tamago dan telur gulung.

Tamagoyaki merupakan salah satu menu olahan telur yang berasal dari Jepang. Tak hanya sebagai menu sarapan, tamago juga kerap dijadikan menu bekal makan siang buat anak-anak di sekolah.

Dalam bahasa Jepang, ‘tamago‘ sendiri berarti telur. Dilihat dari bentuknya, tamagoyaki tampak sekadar telur gulung biasa. Namun, keduanya berbeda baik dari rasa, tekstur, bumbu juga cara pembuatan. Berikut beda tamago dan telur gulung.

Jenis

Mengutip dari Just One Cook Book, secara umum tamago di Jepang terbagi jadi dua yakni, atsuyaki tamago dan dashimaki tamago.

Jika bicara tamagoyaki secara umum, ini bakal merujuk pada atsuyaki tamago dengan tekstur yang lembut serta padat. Dari segi pembuatan, atsuyaki tamago juga lebih mudah.

Sementara telur gulung diolah dengan cara digoreng, kemudian telur dililit pada batang bambu. Ada pula telur gulung yang biasa jadi teman bersantap nasi kuning. Telur biasanya akan dirajang dan gulungan berubah jadi mirip mi atau kwetiau.

Bumbu

Dari segi bahan, baik tamago dan telur gulung sama-sama menggunakan telur sebagai bahan utama. Namun, keduanya menggunakan bumbu berbeda. Tamagoyaki menggunakan mirin, garam, dan kecap. Mirin merupakan arak beras manis yang memberikan rasa manis dan aroma memikat. Penggunaan mirin juga bisa diganti gula.

Sedangkan telur gulung cukup menggunakan garam atau kadang bisa ditambah lada.

Lihat juga:

Cara Agar Telur Rebus Terkelupas Sempurna

Cara Pembuatan

Tidak hanya bumbu yang unik, cara pembuatan tamago pun berbeda. Menggoreng tamagoyaki memerlukan wajan khusus bernama makiyakinabe. Wajan ini berbentuk kotak sehingga memudahkan pembuatan tamago. Telur yang sudah dikocok bersama bumbu dituang pada makiyakinabe selapis lalu gulung, tuang selapis lagi, gulung, begitu seterusnya sampai bahan habis.

Sementara telur gulung cukup menggunakan wajan biasa atau teflon. Telur yang sudah dikocok lalu digoreng. Biasanya, telur dilipat atau digulung saat proses penggorengan.

Tekstur dan Rasa

Beda tamago dan telur gulung juga terletak pada tekstur dan rasanya. Tamagoyaki memiliki tekstur lembut, agak lembek, dan lapisan gulungan yang menyatu. Rasanya pun cenderung manis daripada gurih. Sedangkan telur gulung bakal lebih padat dan rasa dominan gurih asin.

(els/asr)

[Gambas:Video ]

Next Post

Sinabung Semburkan Awan Panas, Kubah Lava Kian Besar

Medan, Indonesia — Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara kembali mengeluarkan awan panas guguran dengan durasi 225 detik sejauh 2.500 meter ke arah timur dan tenggara, Senin (2/11) pukul 07.57 WIB. “Benar, Gunung Sinabung kembali mengeluarkan awan panas guguran pagi tadi. Di arah timur dan tenggara Sinabung itu […]