Breaking News in Indonesia

Anies Tinjau Pintu Air Manggarai, Instruksikan Jajaran Sigap

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meninjau pintu air Manggarai, Jakarta Selatan yang berstatus Siaga 2 pada Sabtu (20/2).

Jakarta, Indonesia —

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau kondisi Pintu Air Manggarai, Sabtu (20/2). Hingga pukul 09.00 WIB tadi, Pintu Air Manggarai berstatus Siaga 2 atau siaga.

Kunjungan Anies ke Pintu Air Manggarai diketahui lewat unggahan Unit Pelaksana Kebersihan Badan Air Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta di Instagram, @upkbadanairdlhdki, Sabtu (20/2).

“Sabtu (20/2), Gubernur Provinsi DKI Jakarta @aniesbaswedan beserta jajarannya melakukan monitoring terkait dengan kondisi saat ini di Pintu Air Manggara, Jakarta Pusat,” unggah akun tersebut.

“Beliau pun memberikan pengarahan kepada jajarannya untuk tetap standby dan sigap dalam menangani sampah,” lanjut akun itu.

[Gambas:Instagram]

BPBD Provinsi DKI Jakarta sebelumnya menyatakan 193 Rukun Tetangga (RT) di Jakarta Selatan, Timur, dan Barat banjir pada Sabtu (20/2) hingga pukul 06.00 WIB, usai hujan merata sejak tengah malam tadi.

Plt. Kepala Pelaksana BPBD Provinsi DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto, memaparkan sebanyak 29 RW, terdiri dari 44 RT, terendam di Jakarta Selatan dengan ketinggian 40-150 sentimeter dan terdapat pengungsi sebanyak tujuh kepala keluarga dengan total 19 jiwa.

Lihat juga:

Cuaca Ekstrem Diprediksi Landa Jabodetabek hingga Besok

Sementara di Jakarta Timur, Sabdo menyebut ada 50 RW, terdiri dari 143 RT, terendam dengan ketinggian 40-180 sentimeter, dan 372 KK dengan total 1.361 jiwa sedang mengungsi. Serta di Jakarta Barat sejumlah 4 RW dan 6 RT terendam.

“Secara keseluruhan, sebanyak 193 RT dari total 30.470 RT yang terdampak. Dan jumlah pengungsi di seluruh DKI sebanyak 379 KK dengan total 1.380 jiwa,” kata Sabdo dalam siaran pers.

(dmi/evn)

[Gambas:Video ]

Tulisan ini merupakan bagian dari kumpulan artikel dalam Fokus: “Banjir Hantam Jakarta”