Headline berita terbaru Indonesia, analisis | Latest breaking Indonesian news headlines

Anggota parlemen Inggris akan menyatakan Wagner Group sebagai organisasi teroris: laporan

Kelompok tentara bayaran Wagner Group segera bisa ditetapkan sebagai kelompok teroris oleh Inggris Raya, yang akan membuat menjadi anggota, bergabung atau mendukung organisasi tersebut melanggar hukum, menurut laporan.

BBC melaporkan bahwa rancangan perintah yang akan diajukan ke Parlemen akan memungkinkan aset Wagner disita dan dikategorikan sebagai properti teroris.

Pada bulan Juli, anggota parlemen Inggris mengatakan Inggris harus memperketat pendekatan mereka terhadap Wagner Group setelah pemberontakan pada bulan Juni membuat organisasi tentara bayaran itu rentan, Reuters melaporkan.

RUSIA TIDAK MENYELIDIKI KECELAKAAN PRIGOZHIN BERDASARKAN ATURAN INTERNASIONAL: LAPORAN

Komite Urusan Luar Negeri meminta sanksi yang lebih ditargetkan pada jaringan entitas Wagner, menambahkan kelompok itu harus dilabeli sebagai organisasi teroris oleh Inggris dan dilarang.

BBC melaporkan bahwa Suella Braverman, menteri dalam negeri, menggambarkan Wagner sebagai “kekerasan dan destruktif,” menambahkan itu adalah “alat militer Vladimir Putin Rusia.”

Dia juga mengatakan pekerjaan organisasi di Afrika dan Ukraina adalah “ancaman bagi keamanan global,” dan kegiatan “desestabilisasi” yang berkelanjutan hanya melayani tujuan politik Kremlin.

“Mereka adalah teroris, jelas dan sederhana – dan perintah pelarangan ini menjelaskan itu dalam hukum Inggris,” katanya.

Braverman tidak dapat segera dihubungi oleh Digital soal masalah ini.

Berdasarkan Undang-Undang Terorisme 2000, menteri dalam negeri, Braverman, diberi kekuasaan untuk mengutuk suatu organisasi jika ada kekhawatiran kelompok itu terkait dengan terorisme.

Dengan melakukan itu, mendukung kelompok dengan cara apa pun akan menjadi pelanggaran kriminal yang mengakibatkan hukuman penjara hingga 14 tahun dan denda hingga Ā£5.000, atau $6.200.

Pemimpin Wagner, Yevgeny Prigozhin, meninggal dalam kecelakaan pesawat dekat desa Kuzhenkino, di luar Moskow, pada 23 Agustus, dalam penerbangan dari Moskow ke St Petersburg, Rusia.

Pendiri Wagner lama mendapatkan perlindungan kuat dari Putin, termasuk saat dia membangun tentara bayaran swasta yang berperang untuk kepentingan Rusia di luar negeri dan berpartisipasi dalam beberapa pertempuran terganas dalam perang di Ukraina.

Prigozhin memimpin pemberontakan jangka pendek awal tahun ini yang menimbulkan ancaman paling serius terhadap Presiden Vladimir Putin atas kepemimpinan pemimpin Rusia selama 23 tahun.

Pada bulan Juni, pemerintahan Biden menargetkan organisasi tentara bayaran terkenal yang dituduh melakukan pelanggaran hak asasi manusia dalam koordinasi dengan entitas militer tertentu di tempat-tempat seperti Mali dan Republik Afrika Tengah (CAR), yang menyebabkan Departemen Luar Negeri bertindak melalui sanksi internasional.

Menteri Luar Negeri Antony Blinken mengatakan kematian dan kehancuran mengikuti jejak Wagner di mana pun beroperasi, dan AS akan terus mengambil tindakan untuk mempertanggungjawabkan kelompok itu.