Jakarta () – Alec Baldwin memberikan komentar pertamanya secara langsung usai insiden penembakan saat pengambilan gambar film "Rust".

Ia berkomentar tentang banyak hal, mulai dari hubungannya dengan Halyna Hutchins yang harus tutup usia karena insiden itu hingga dukungannya atas petisi kru film yang mendorong penggunaan senjata asli sebagai properti film seharusnya hentikan.

Melansir Variety, Minggu, Alec menceritakan ia memiliki hubungan yang dekat dan hangat dengan sutradara dan sinematografer "Rust".

Aktor yang dikenal karena perannya dalam "Glengarry Glen Ross" itu bahkan menceritakan dirinya bersama Joel dan Halyna menyempatkan untuk makan malam bersama sebelum syuting dimulai.

"Kami adalah kru yang sangat, sangat baik saat syuting film bersama dan kemudian peristiwa mengerikan ini terjadi," ujar Alec.

Ia tentu menyayangkan kejadian nahas yang terjadi pada Halyna, namun ia belum bisa memberikan komentar pada kasus itu karena penyelidikan masih berlangsung dan para saksi mata diminta untuk tak mengeluarkan komentar oleh otoritas keamanan Santa Fe

Dengan adanya peristiwa "Rust" yang belakangan diketahui terjadi kelalaian dalam pemeriksaan properti, datanglah petisi yang mengharapkan agar industri film tidak lagi menggunakan senjata asli untuk properti film dan TV.

Menanggapi hal itu, Alec pun ikut mendukung dan berharap setiap orang yang bekerja di ondustri film mendapatkan pengalaman yamg terbaik sehingga ekosostem kerja tetap positif.

“Upaya berkelanjutan untuk membatasi penggunaan senjata api di lokasi syuting adalah sesuatu yang sangat saya minati,” kata Baldwin.

“Saya bukan ahli di bidang ini. Jadi apa pun yang diputuskan bersama-sama adalah cara terbaik untuk dilakukan, dalam hal melindungi keselamatan orang-orang di lokasi syuting. Saya mendukung penuh dan saya akan bekerja sama dengan cara apa pun yang saya bisa," ujar Alec.

Ia juga kemudian berkomentar bahwa film "Rust" yang kini tertunda produksinya akibat insiden di Santa Fe itu berpotensi untuk kembali dilanjutkan.

Ia sangat meragukan film itu kembali digarap.

Sebelumnya, Alec Baldwin menjadi salah satu saksi mata dan juga orang yang terlibat langsung dalam insiden penggunaan senjata api aktif dalam produksi film "Rust".

Pada saat ia memegang senjata api yang disebut oleh kru film properti yang aman atau "cold gun", ia mencoba berlatih namun naas ternyata senjata itu masih berisikan peluru.

Beberapa peluru tersebut berakhir mengenai Halyna Huthcins sang sineamtografer dan sutradara dalam film itu Joel Souza.

Halyna Hutchins segera dilarikan ke rumah sakit untuk ditangani, namun dalam perjalanan ia harus tutup usia.

Penyelidikan pun masih terus dilanjutkan dengan fakta terbaru ditemukan bahwa pemeriksaan senjata api sebagai properti itu tidak dilakukan dengan benar oleh kru.

Baca juga: Tim "Rust" akui tak periksa pistol sebelum diberikan pada Alec Baldwin

Baca juga: Ada dua kotak amunisi di lokasi syuting film "Rust"

Baca juga: Insiden Alec Baldwin picu seruan untuk larang senjata api saat syuting

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Alviansyah Pasaribu
COPYRIGHT © 2021