Akhir Tahun, TPU Tegal Alur Terima Lebih 40 Jenazah per Hari

Farah

Pemakaman jenazah Covid-19 di TPU Tegal Alur meningkat pada akhir tahun ini, setidaknya lebih dari 40 lubang makam per harinya.

Jakarta, Indonesia —

Petugas pemakaman di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat rata-rata menerima lebih dari 40 jenazah pasien Covid-19 per harinya.

Ketua Satuan Pelaksana TPU Tegal Alur, Wawin Wahyudi mengatakan peningkatan jenazah Covid-19 ini terjadi akhir tahun 2020. Sejak hari Natal atau 25 Desember lalu, saban hari ia menerima setidaknya penggalian lebih dari 40 lubang makam.

“Dari Natal ke sini, rata-rata di atas 40 makam. Sebelumnya pemakaman Covid-19 per harinya antara 25-35 lubang makam,” ujar Wawin seperti dikutip dari Antara.

Jumlah sebelum lonjakan tersebut terhitung sejak TPU Tegal Alur menerima limpahan jenazah pasien Covid-19 dari TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur.

Adapun jumlah penggalian makam tertinggi di TPU Tegal Alur terjadi pada Senin (28/12) malam sebanyak 52 jenazah.

“Hanya sekitar malam Senin [Minggu malam] itu 30 sekian, enggak sampai 40. Tapi malam Selasa [Hari Senin] kembali naik jadi 52,” ungkap Wawin.

Untuk menangani lonjakan jumlah pemakaman jenazah Covid-19, hingga kini ada 70 personel yang bekerja di TPU Tegal Alur. Banyaknya penggalian disiasati Wawin melalui pembagian jadwal kerja.

Kendati begitu ia memastikan lahan makam TPU Tegal Alur masih tersedia. Sementara penambahan lahan berikutnya masih menunggu arahan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Baru-baru ini Pemprov DKI Jakarta mengizinkan pemakaman jenazah Covid-19 dilakukan di luar TPU khusus. Kebijakan ini lantaran lahan pemakaman Covid-19 di TPU Pondok Ranggon yang mulai penuh.

Lihat juga:

Makam Covid DKI Penuh, Pemakaman Kini Bisa di Luar TPU Khusus

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan telah menyiapkan TPU biasa atau non-khusus agar bisa digunakan untuk memakamkan jenazah Covid-19. Namun ia masih enggan merinci TPU mana saja yang bakal digunakan.

“Ya nanti kita umumkanlah dari dinas [Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta]. Jangan saya, karena sedang proses,” ujar Riza.

Pengelola TPU Pondok Ranggon, Jakarta Timur mengeluarkan rujukan pemakaman bagi jenazah COVID-19 di TPU lain atau di luar pemakaman khusus.

Penanggung Jawab Pelaksana Pemakaman COVID-19 TPU Pondok Ranggon, Muhaemin mengatakan rujukan itu berlaku seiring situasi liang lahat di wilayah setempat yang telah penuh.

Petugas yang mengenakan APD bersiap memakamkan jenazah dengan protokol COVID-19 di TPU Tegal Alur, Jakarta, Selasa (29/12/2020). Pemprov DKI Jakarta menyiapkan lahan pemakaman di Rorotan sebagai antisipasi penuhnya TPU khusus COVID-19 di Pondok Ranggon dan Tegal Alur karena masih tingginya jumlah kematian akibat COVID-19. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.Petugas yang mengenakan APD bersiap memakamkan jenazah dengan protokol COVID-19 di TPU Tegal Alur, Jakarta, Selasa (29/12/2020). (Foto: ANTARA FOTO/WAHYU PUTRO A)

Muhaemin mengatakan, kini memberlakukan kuota 30 persen bagi pemakanan jenazah Covid-19 khusus di Pondok Ranggon dan Tegal Alur Jakarta Barat. Sedangkan 70 persen untuk rujukan jenazah Covid-19 di TPU lain.

“70 persen berbanding 30 persen. Artinya, kalau rata-rata per hari ada 75 jenazah yang datang ke TPU Pondok Ranggon, maka 50 jenazah dirujuk ke Tegal Alur, 25 jenazah lainnya dimakamkan secara tumpang yang tersebar di TPU-TPU lain yang ada di lima wilayah kota administrasi Jakarta,” tutur Muhaemin.

Lihat juga:

Wagub DKI Klaim Tak Ada Masalah TPU untuk Kasus Corona

(Antara/nma)

[Gambas:Video ]


Next Post

Uang Beredar Tembus Rp6.817,5 T per November 2020

Jakarta, Indonesia — Bank Indonesia (BI) mencatat likuiditas nasional atau uang beredar dalam arti luas (M2) mencapai Rp6.817,5 triliun pada November 2020. Jumlahnya meningkat 12,2 persen secara tahunan dari November 2019. Direktur Eksekutif sekaligus Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono menyatakan peningkatan jumlah uang beredar (M2) didukung jumlah uang beredar dalam arti […]