8 Tipe Kepribadian Ekstrovert MBTI, dari ENTP sampai ESFJ

Farah

Berdasarkan MBTI, tipe kepribadian ekstrovert meliputi ENTP, ENFJ, ENFP, ENTJ, ESFP, ESTJ, ESTP, dan ESFJ. Berikut ulasan 8 tipe kepribadian ekstrovert.

Jakarta, Indonesia —

Myers-Briggs Type Indicator atau MBTI merupakan salah satu jenis tes kepribadian yang paling populer untuk mengukur sifat dan watak seseorang.

Melansir situs The Myers & Briggs Foundation, MBTI dikembangkan oleh Briggs Myers dan ibunya, Katharine Briggs, pada 1940-an dan dipublikasikan pada 1962.

MBTI mengklasifikasikan kepribadian ke dalam 16 tipe, yang terdiri atas 2 kelompok besar yakni delapan jenis kepribadian introvert dan delapan ekstrovert.

Myers dan Briggs percaya bahwa dengan mengetahui tipe kepribadian yang dimiliki, memungkinkan seseorang lebih bisa memahami sifat alami dirinya.

Baik dari segi kelebihan, kelemahan, kesukaan, hingga membantu untuk mencapai karier gemilang dan menjalin hubungan yang lebih baik dengan orang lain.


Tipe Kepribadian Ekstrovert

Seringkali anggapan muncul bahwa orang berkepribadian ekstrovert memiliki jiwa sosial yang tinggi, senang bergaul, dan lebih vokal ketimbang kepribadian introvert.

Lebih dari itu, preferensi ini berkaitan dengan kecenderungan individu dalam bertindak. Mulai dari respons saat memecahkan masalah.

Orang ekstrovert merasa dengan aktivitas sosial dapat memberikan energi. Mereka cenderung senang bersosialisasi dalam kelompok dan menikmati kemeriahan pesta.

Meskipun mereka juga dapat menikmati waktu sendirian, namun orang ekstrovert akan cepat bosan jika terlalu lama berada di lingkungan yang tenang.

Berdasarkan MBTI, tipe kepribadian ekstrovert meliputi ENTP, ENFJ, ENFP, ENTJ, ESFP, ESTJ, ESTP, dan ESFJ. Berikut ulasan 8 tipe kepribadian ekstrovert mulai dari ENTP sampai ESFJ.


1. ENFJ – The Givers

Ilustrasi bekerja di kantorFoto: Picjumbo
Ilustrasi Tipe Kepribadian Ekstrovert ENFJ

ENFJ (extraversion, intuition, feeling, dan judging) merupakan individu yang memiliki berjiwa idealis, sangat berprinsip, dan cenderung blak-blakan. Disebutkan hanya ada 2-5 persen populasi ENFJ di dunia.

Menurut dimensinya, ENFJ dijelaskan sebagai seseorang yang memiliki hubungan atau jaringan perkenalan yang luas. ENFJ juga mengandalkan intuisi dan perasaannya serta menghargai pertimbangan pribadi.

Sedangkan judgement, menunjukkan bawa ENFJ selalu mengutamakan perencanaan sebelum bertindak. Ciri umum ENFJ antara lain:

  1. Berkepribadian hangat dan menghargai atau mengutamakan perasaan tentang orang lain
  2. Mengutamakan kedamaian
  3. Tak menaruh minat pada hal-hal yang berlogika impersonal dan analisis
  4. Setia, jujur, kreatif, dan imajinatif
  5. Menyukai tantangan baru dan cenderung menghindari kritik atau perpecahan

Saran dan pekerjaan yang cocok bagi kepribadian ENFJ adalah jangan mudah kecewa jika orang lain tidak seperti yang diinginkan atau dibayangkan.

Pekerjaan yang cocok bagi ENFJ di antaranya pekerja sosial, manajer, pengelola SDM, penulis, fasilitator, psikolog, konsultan, atau politikus. 

ENFJ cocok berpasangan dengan tipe kepribadian INFP atau ISFP yang memiliki sifat lembut, imajinatif, dan menikmati hidup.


2. ENFP – The Inspires

Ilustrasi TemanFoto: BlueOlive/Pixabay
Ilustrasi Tipe Kepribadian Ekstrovert ENFP

ENFP (extraversion, intuition, feeling, dan perception) merupakan individu yang dianugerahi banyak ide, enerjik, bergairah, dan berani bereksplorasi. Di dunia ini hanya ada 6-8 persen tipe ENFP di dunia.

Menurut dimensinya, ENFP sangat senang berinteraksi sekaligus membantu orang lain untuk mencapai kemajuan. Dalam pengambilan keputusan, ENFP mengandalkan sudut pandang pribadi dibandingkan logika.

Ciri umum ENFP adalah

  1. Berorientasi pada tujuan
  2. Sangat intuitif, peka, dan tanggap terhadap orang lain
  3. Dapat bekerja sama dan memiliki keterampilan komunikasi verbal yang baik
  4. Cenderung menempatkan kebutuhan orang lain dibanding dirinya sendiri

Kepribadian ENFP disarankan untuk lebih bisa fokus, konsisten, dan disiplin terhadap pekerjaannya. Selain itu, biasakan untuk tidak lari dari masalah dengan berani menghadapi konflik dan permasalahan.

Pilihan pekerjaan yang cocok bagi ENFP yakni guru, penasihat, konsultan, pengusaha, reporter, pakar ilmu pengetahuan, insinyur, atau seniman. Sementara pasangan yang cocok untuk ENFP adalah INTJ atau INFJ.


3. ENTJ -The Commander

Judge and gavel in courtroomFoto: Istockphoto/bymuratdeniz
Ilustrasi Tipe Kepribadian Ekstrovert ENTJ

ENTJ merupakan pribadi yang unik atau biasa disebut si komandan. Mereka dilahirkan bak pemimpin, punya pemikiran terbuka dan memiliki hubungan atau jaringan luas.

Untuk dapat mencapai keinginannya, mereka gemar menyusun rencana jangka panjang agar jalan yang ditempuhnya efisien. ENTJ juga mampu menilai berbagai hal secara objektif, cerdas, dan berani mengambil keputusan.

Ada sekitar 2-5 persen populasi ENTJ di dunia. Dengan ciri khas kepribadian yakni:

  1. Tidak menyukai rutinitas yang beroritentasi pada detail dalam menyelesaikan tugas
  2. Pemimpin alami dengan bekal percaya diri yang tinggi
  3. Menginginkan hal yang teratur dan jelas di masa depannya
  4. Tak sabar dengan sesuatu yang dianggap tak efisien, dan tidak terpatok pada rencana saja melainkan dilakukan secara cepat

Bagi ENTJ, disarankan untuk membiasakan tenang dan rileks karena dalam hidup bisa saja tidak berjalan sesuai keinginan. Cobalah untuk lebih mengendalikan emosi apalagi menjadi arogan.

Pekerjaan yang cocok bagi ENTJ adalah pengusaha, hakim, profesor, atau bekerja di bidang IT. ENTJ sangat cocok berpasangan dengan ISTP dan INTP karena kesamaan berpikir logis dan praktis.


4. ESFJ – The Protector

ilustrasi teman kantorFoto: istockphoto/Tinpixels
Ilustrasi Tipe Kepribadian Ekstrovert ESFJ

Tipe kepribadian ekstrovert yang keempat adalah ESFJ. Kepribadian ESFJ biasa juga disebut the protector yang senang melindungi dan peduli terhadap sesama. Di dunia ini masih ada 9-13 persen pribadi ESFJ yang bisa dikatakan cukup banyak.

Dalam dimensinya, ESFJ adalah pribadi yang terbuka, senang dalam berbagi, dan memiliki banyak teman. Meski terkesan agak konvensional, namun mereka penuh kasih dan suka memberi perhatian.

ESFJ sangat mengandalkan perasaan pribadi dalam menentukan keputusan. Ciri dari kepribadian ESFJ adalah:

  1. Sangat loyal, teroganisasi, dan bisa diandalkan
  2. Suka hal atau kondisi yang damai
  3. Cenderung menempatkan kebutuhan orang lain di atas dirinya sendiri

Orang dengan ESFJ disarankan untuk mampu lebih bertanggung jawab dalam hidup dan jangan takut menghindari konflik. Pekerjaan yang cocok bagi ESFJ yakni pengasuh anak, perawat, dokter keluarga atau anak, pemuka agama, akuntan, pengusaha, konsultan atau konselor keluarga.

ESFJ paling baik menjalin hubungan dengan pribadi ISFP atau INFP lantaran sama-sama menggunakan perasaan dalam menentukan berbagai keputusan.

Lihat juga:

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kepribadian Introvert


5. ENTP – The Visionary

Ilustrasi bekerja dengan laptopFoto: StartupStockPhotos
Ilustrasi Tipe Kepribadian Ekstrovert ENTP

Sekitar 2-5 persen orang memiliki kepribadian ENTP di dunia. ENTP biasa disebut The visionary atau inovator lantaran punya motivasi besar dalam memecahkan masalah dan menemukan solusi baru, sekalipun itu menantang.

ENTP memiliki rasa penasaran yang tinggi dan dibekali kecerdasan luar biasa, namun mereka juga mampu memahami orang lain dan prinsip yang berlaku di sekitarnya.

ENTP selalu mengandalkan akal pikiran dan selalu memilih keputusan berdasarkan hal yang objektif. Ciri khas kepribadian ENTP antara lain:

  1. Punya semangat yang tinggi dan merasa senang ketika bisa membantu orang lain
  2. Pemikir yang rasional dan multitalenta
  3. Senang memperdebatkan suatu masalah untuk membuktikannya
  4. Seorang pemimpin yang baik dan tidak memaksa, serta menghargai pengetahuan serta kompetensi yang berbeda dari masing-masing orang.
  5. Cenderung aktif dan banyak bergerak.

Meski demikian, ENTP disarankan untuk tidak selalu ingin menang sendiri dan hindari perdebatan tidak penting. Belajar untuk memberikan perhatian lebih pada orang lain, serta belajar untuk lebih waspada agar tidak terlalu optimistis.

Pekerjaan yang cocok bagi ENTP adalah psikolog, pengacara, konsultan, insinyur, aktor, peneliti, programer, pebisnis, dan sales/marketing. Sementara pasangan yang cocok untuk pribadi ENTP adalah INFJ atau INTJ yang bisa menjaga keseimbangan dan tidak saling mendominasi.


6. ESFP – The Performers

Ilustrasi fotografer di studioFoto: SplitShire
Ilustrasi Tipe Kepribadian Ekstrovert ESFP

Anda yang memiliki kepribadian ESFP biasa disebut sebagai The Performers atau seorang pemain. Hanya ada 4-9 persen kepribadian ESFP di dunia.

Menurut dimensinya, ESFP cenderung pribadi yang lincah, suka menghibur, dan tak ragu melibatkan orang-orang di sekitarnya.

ESFP juga pribadi yang spontan dan gemar bersenang-senang. ESFP lihai menikmati hidup dengan makanan enak, pakaian bagus, alam yang indah, bahkan senang berinteraksi dengan hewan dan manusia.

Karena nalurinya yang spontan, mereka seringkali mengambil keputusan tanpa merencanakan lebih dulu. Ciri kepribadian ESFP antara lain:

  1. Hidup di masa sekarang dengan berpikir realistis serta praktis
  2. Spontan dan jarang merencanakan segala sesuatu
  3. Tidak menyukai teori yang panjang dan tahu menciptakan hal yang menyenangkan

Saran bagi pemilik kepribadian ESFP adalah belajar menghadapi kritik dan jangan coba untuk lari, apalagi yang menyangkut keputusan dan masa depan. Selain itu, kurangi sifat materialistis dengan tidak mengukur segala hal dengan uang.

Pekerjaan yang cocok bagi ESFP adalah sales/marketing, fotografer, pemerhati anak, desainer, seniman, atau aktor. ESFP dapat menjalin hubungan yang cocok dengan ISTJ atau ISFJ karena memiliki kepekaan yang seimbang.


7. ESTJ -The Guardians

Desert storm, Tentara GurunFoto: zabelin/thinkstockphotos
Ilustrasi Tipe Kepribadian Ekstrovert ESTJ

Anda yang memiliki kepribadian ESTJ biasa disebut sebagai The Guardians atau pelindung. Orang dengan kepribadian ESTJ cukup banyak, sekitar 8-12 persen di dunia.

Menurut dimensinya, ESTJ adalah individu pekerja keras, dengan mindset tradisionalnya. Mereka punya semangat tinggi dalam bertindak dan sangat bertanggung jawab dalam mengatur proyek atau orang lain.

ESTJ sangat tahu menempatkan diri sesuai dengan aturan dan tertib. Jika sudah melakukan sesuatu, ESTJ akan menyelesaikannya sampai tuntas dengan cara yang sistematis dan terukur.

ESTJ selalu mengambil keputusan berdasarkan rencana yang sudah dipikirkannya masak-masak. Ciri khas kepribadian ESTJ antara lain:

  1. Berjiwa pemimpin, serta selalu menerapkan standar dan aturan. Tak heran, orang lain acap memandangnya kaku
  2. Gemar olahraga dan memperhatikan kesehatan
  3. Senang melakukan sesuatu dengan rinci dan teliti
  4. Berani berterus terang dan jujur

ESTJ disarankan untuk mengurangi kehendak mengontrol atau memaksa orang lain. Cobalah untuk lebih sabar dan jangan lupa menstimulasi kesehatan mental.

Pekerjaan yang cocok bagi ESTJ adalah hakim, polisi, tentara, pegawai bank, atau detektif. Selain itu, ESTJ cocok dengan seseorang yang memiliki kepribadian ISTP atau INTJ lantaran mampu memberikan rasa tenang dan tidak ada upaya saling mendominasi.


8. ESTP – The Doers

Ilustrasi Dokter HewanFoto: Dok. www.audio-luci-store.it
Ilustrasi Tipe Kepribadian Ekstrovert ESTP

Tipe kepribadian ekstrovert yang terakhir adalah ESTP. Diperkirakan 4-5 persen kepribadian ESTP di dunia.

Menurut dimensinya, ESTP punya kecenderungan pragmatis dalam memecahkan setiap masalah yang dipercaya bisa langsung membuahkan hasil.

Mereka terampil membaca kepribadian dan perasaan orang lain yang mendukung aktivitas sosialnya. Mereka cenderung tak mau terikat dengan teori abstrak dan lebih suka mengambil tindakan praktis dan cekatan.

Sifatnya yang spontan, ingin serba cepat, dan berfokus pada masa sekarang membuat ESTP harus lebih berhati-hati melangkah di masa mendatang.

  1. Terampil, jeli, dan berkepribadian menyenangkan
  2. Fleksibel dan banyak akal
  3. Cobalah untuk sabar dan tidak terburu-buru
  4. Sesekali luangkan waktu untuk memikirkan masa depan dan membuat perencanaan jangka panjang, jangan selalu berpikir Anda hanya hidup untuk hari ini.

Pekerjaan yang cocok adalah wirausaha, tenaga medis, atlet, polisi, atau teknisi.

Dalam hal asmara, tipe kepribadian ekstrovert ESTP cocok dengan seseorang yang memiliki kepribadian ISTJ atau ISFJ lantaran tidak akan saling mendominasi dan sama-sama bermodalkan hal yang bersifat sensing atau konkret.

Lihat juga:

9 Jenis Makanan Terbaik untuk Diet Golongan Darah O

(din/fef)

[Gambas:Video ]


Next Post

Daftar Top Skor Liga Inggris: Salah Belum Terkejar

Jakarta, Indonesia — Mohamed Salah gagal menjauh di puncak daftar top skor Liga Inggris usai Liverpool bermain imbang dengan West Bromwich di pekan ke-15. Sementara So Heung-min, Jamie Vardy, dan Dominic Calvert-Lewin juga gagal menambah pundi golnya. Ketiganya sudah membuat 11 gol di urutan kedua daftar top skor. Salah saat ini masih […]