8 Teh Termahal di Dunia: dari Lapis Emas sampai Kotoran Panda

Farah

Teh sudah jadi minuman sehari-hari di seluruh dunia dari harga murah sampai teh termahal di dunia.

Jakarta, Indonesia —

Teh sudah jadi minuman sehari-hari di seluruh dunia dari harga murah sampai teh termahal di dunia.

Rasa yang kaya, pembuatan yang mudah, dan harga yang murah membuat teh semakin populer. Namun, diantara sekian banyak jenis teh, terdapat sejumlah teh yang dijual dengan harga yang mahal.

Berikut 7 teh termahal di dunia.

1. Da-Hong Pao Tea

Teh Da-Hong Pao adalah teh termahal di dunia.Teh ini merupakan varietas yang berasal dari Dinasti Ming dan sudah ditetapkan sebagai warisan nasional di China. Pembuatan teh sangat dirahasiakan.

Dikutip dari Money Inc, satu kilogram teh dijual dengan harga US$1,2 juta atau hampir Rp17 miliar.

2. PG Tips Diamond Tea Bag

Teh ini berasal dari varietas langka yang dikenal dengan Silver Tips Imperial Tea. Tak hanya itu, teh ini juga diisi dengan 280 keping berlian dari Boodles.

Teh ini dihargai US$15 ribu atau Rp212 juta setiap kantongnya.

Lihat juga:

10 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet

3. Yellow Gold Tea buds

Mengutip Ventured, teh ini berharga mahal karena per bagian daun teh keringnya dilapisi dengan emas 24 karat. Pelapisan emas ini dilakukan sesaat setelah panen.

Teh ini hanya dijual di Singapura dengan harga sekitar US$7.500 per kilogram tehnya atau sekitar Rp106,1 juta.

Menurut sejarahnya teh ini hanya seduh untuk Kaisar China. Hanya daun teratas atau pucuknya yang dipanen dengan memakai gunting emas. Panen pun hanya dilakukan setahun sekali.

4. Vintage Narcissus

Teh ini merupakan varietas teh Oolong yang langka dan ditanam di Gunung Wuyi. Daun teh ini dioksidasi hingga 60 persen untuk memberikan rasa yang kaya. Teh langka ini di harga US$6.500 per kg atau Rp92 juta.

5. Panda Dung Tea

Teh ini terbuang dari kotoran beruang panda yang memakan bambu dan juga daun teh, layaknya kopi luwak.Awal dijual, teh ini disebut memiliki harga US$70 ribu per kilogram atau Rp991 juta.

Lihat juga:

5 Cara Alami Atasi Anosmia

6. Tieguanyin Tea

Tieguanyin merupakan jenis Teh Oolong yang namanya diambil dari Dewa Buddha.Teh ini merupakan kombinasi teh hitam dan hijau yang difermentasi.Teh ini tumbuh di gunung tertinggi di Provinsi Fujian, China.

Teh ini dihargai US$3 ribu atau Rp42,4 juta.

Ilustrasi Buruh Petik Daun TehFoto: Unsplash/Pixabay
Ilustrasi Petik Daun Teh

7. Silver Tips Imperial

Teh ini masuk ke golongan teh darjeeling. Jenis teh imperial silver tips ini dibuat dalam jumlah terbatas setiap tahunnya.

Apa istimewanya selain harga teh termahal di dunia?

Daun dipetik hanya pada siang dan malam bulan purnama selama musim panen, dan minuman tersebut disebut sebagai “permata mahkota” dari varietas teh perusahaan. Ini telah memenangkan beberapa penghargaan, dan pecinta teh menikmati menyesapnya di malam hari sebelum tidur.

8. Poo Poo Pu-Erh Tea

Teh ini dibuat dari kotoran serangga yang memakan daun teh. Para pekerja bekerja dengan hati-hati mengeluarkan teh dari kotoran serangga agar bisa diseduh.

Teh ini memiliki harga US$1.000 atau Rp14 juta per kilogram. 

Mana varian teh termahal di dunia yang Anda ingin coba?

(chs/chs)

[Gambas:Video ]


Next Post

Vaksin di RI: Jenis, Uji Klinis, hingga Vaksinasi

Jakarta, Indonesia — Pengembangan vaksin Covid-19 masih terus berlangsung. Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah kasus yang cukup banyak juga masih terus mengembangkan vaksin corona. 1. Vaksin yang akan digunakan di Indonesia Ada dua kategori vaksin yang ada di Indonesia, yakni buatan dalam negeri dan luar negeri. Vaksin dalam negeri […]