7 Album K-Pop Terlaris 2020

Farah

Pandemi Covid-19 tak menghalangi para idol Korea untuk merilis album pada 2020. Para penggemar menyambut karya itu hingga penjualan album K-pop malah meningkat.

Jakarta, Indonesia —

Pandemi Covid-19 tidak menghalangi para idol Korea untuk berkreasi dan merilis album pada 2020. Para penggemar juga menyambut karya tersebut dengan hangat hingga penjualan album K-pop malah meningkat.

Berdasarkan data Gaon Chart, peningkatan sudah terlihat sejak semester pertama 2020. Pada Juli 2020, Gaon merilis dara yang menunjukkan 18,08 juta kopi album telah terjual dalam enam bulan. Penjualan itu meningkat 40 persen dibandingkan periode yang sama pada 2019.

“Menurut data kami, sudah lebih dari 30 juta album yang terjual dari Januari-Oktober 2020,” kata Kepala Peneliti Gaon, Kim Jin-woo.

Mereka memperkirakan penjualan album fisik K-pop di dalam dan luar negeri diperkirakan bisa mencapai 35 juta keping hingga akhir 2020. Angka tersebut melonjak dibandingkan data penjualan pada 2019, yakni 25 juta keping album K-pop.

Penjualan album fisik K-pop di dalam dan luar negeri diperkirakan bisa mencapai 35 juta keping hingga akhir 2020. Angka tersebut melonjak dibandingkan data penjualan pada 2019, yakni 25 juta keping album K-pop.

Gaon Chart merupakan tabulasi popularitas mingguan lagu dan album di Korea Selatan yang diproduksi Asosiasi Konten Musik Korea (KMCA) dan disponsori Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan.

Berikut tujuh album K-pop terlaris 2020 hanya berdasarkan data penjualan Gaon Chart yang diakses pada Senin (14/12).

1. BTS – Map of the Soul: 7

Map of the Soul: 7 merupakan album yang dirilis BTS pada awal 2020, tepatnya 21 Februari. Jin mengungkapkan bahwa Map of the Soul: 7 menjadi upaya BTS melihat kembali kebersamaan mereka sebagai tim selama tujuh tahun.

Map of the Soul: 7 berisi 10 nomor anyar, dengan salah satu lagu yang bertajuk ON merupakan kolaborasi antara BTS dan solois Australia, Sia. Selain itu, Solois Troye Sivan juga berkontribusi dalam album ini. Ia berada di belakang layar, turut menulis lagu Louder than Bombs.

Album Map of the Soul: 7 BTS terjual hingga 4.349.651.

[Gambas:Youtube]

2. BTS – BE (Deluxe Edition)

BE (Deluxe Edition) merupakan album terbaru BTS yang dirilis jelang penghujung 2020. Album yang dirilis pada 20 November itu terjual lebih dari 2.274. 882 kopi dalam satu pekan.

Meski tidak melampaui penjualan album Map of the Soul: 7 (3.378.633), capaian BE dinilai baik sebab album tersebut hanya memiliki satu versi. Tak hanya itu, BE (Deluxe Edition) juga lebih mahal dibandingkan album-album sebelumnya.

Satu album BE (Deluxe Edition) di Indonesia dijual di kisaran harga Rp600 ribu-Rp740 ribu. Sementara itu, album Map of the Soul: 7 di Indonesia dijual sekitar Rp325 ribu-Rp340 ribu.

BE (Deluxe Edition) merupakan album kedelapan BTS, berisi cerminan jujur emosi dan perasaan yang kompleks dari para member dalam menghadapi pandemi Covid-19. Album ini berisikan mengungkapkan ketakutan, juga perasaan tak berdaya dan tidak nyaman.

Album ini berisikan delapan lagu, termasuk Dynamite yang telah dirilis lebih dulu beberapa waktu lalu dan sukses di pasaran.

Secara keseluruhan, Album BE (Deluxe Edition) BTS terjual 2.655.843.

[Gambas:Youtube]

3. NCT – NCT RESONANCE Pt. 1

NCT RESONANCE Pt. 1 merupakan album pertama dari proyek NCT dengan 23 anggota. Dalam album tersebut, SM Entertainment memperkenalkan dua member baru NCT, yakni Shutaro dan Sungchan.

Album tersebut berisikan 12 lagu dari 23 anggota dalam berbagai kombinasi, seperti unit NCT 127, NCT Dream, WayV, dan NCT U.

Beberapa lagu yang dirilis dalam unit NCT U adalah Make A Wish (Taeyong, Doyoung, Jaehyun, Lucas, Xiaojun, Jaemin, dan Shotaro), Misfit (Taeyong, Johnny, Hendery, Mark, Jeno, Yangyang dan Sungchan), dan From Home (Taeil, Kun, Yuta, Doyoung, Renjun, Haechan dan Chenle).

Album NCT RESONANCE Pt. 1 NCT terjual 1.453.630.

[Gambas:Youtube]

4. SEVENTEEN – Heng:garae

Heng;garae menjadi album pertama SEVENTEEN yang paling banyak terjual sejak mereka debut. Mini album ketujuh SEVENTEEN itu terjual lebih dari 1,06 juta keping hanya dalam lima hari setelah dirilis pada 22 Juni 2020.

Album mini tersebut memiliki enam lagu bertajuk Fearless, Left & Right, I Wish, My My, Kidult, dan Together. Para member terlibat aktif dalam pembuatan lagu-lagu tersebut, terutama Woozi, Vernon, S.Coups, Hoshi, Wonwoo, dan Mingyu.

Heng:garae berisikan pesan serta dorongan kepada generasi muda saat ini yang sedang menghadapi stres lebih dari sebelumnya karena peningkatan tekanan dan persaingan dari masyarakat.

Album Heng:garae SEVENTEEN terjual 1.406.710.

[Gambas:Youtube]

5. BLACKPINK – THE ALBUM

THE ALBUM merupakan album penuh perdana BLACKPINK. Album tersebut telah dipesan lebih dari 1 juta keping sebelum resmi dirilis pada 2 Oktober. Angka itu menjadikan BLACKPINK sebagai girlband Korea pertama yang melampaui 1 juta pra-pemesanan.

Album itu berisi delapan lagu, termasuk hit How You Like That, Ice Cream yang berkolaborasi dengan Selena Gomez, serta lagu baru mereka, Lovesick Girls. THE ALBUM juga berisikan hasil kolaborasi BLACKPINK bersama rapper AS, Cardi B, dalam lagu Bet You Wanna.

BLACKPINK menyatakan ingin menampilkan perkembangan mereka dalam bermusik serta pesan-pesan harapan dan energi positif kepada banyak orang melalui THE ALBUM.

Album penuh perdana BLACKPINK, The Album, terjual 1.246.535.

[Gambas:Youtube]

6. SEVENTEEN – ; [Semicolon]

SEVENTEEN resmi menyandang titel double million sellers pada 2020 setelah berhasil menjual lebih dari 1 juta keping album ;[SEMICOLON] dalam satu pekan setelah dirilis pada 19 Oktober 2020.

; [Semicolon] merupakan album spesial yang disiapkan SEVENTEEN untuk menyampaikan pesan harapan, penghiburan, dukungan hangat kepada penggemar, terutama saat menghadapi pandemi Covid-19. Mereka berpendapat tak masalah untuk berhenti sejenak, beristirahat dan menikmati hidup.

Album ; [Semicolon] memiliki enam lagu, yakni Home;Run, Do Re Mi, Hey Buddy, Light a Flame, Ah! Love, serta All My Love. Woozi terlibat dalam penulisan lirik dan pembuatan seluruh lagu dalam album tersebut.

Member lainnya, seperti Seungkwan, Vernon, Dino, The8, Mingyu, DK, Hoshi, Wonwoo, S.Coups, Jeonghan, dan Joshua juga turut terlibat dalam penulisan lirik dan pembuatan beberapa lagu.

Album ; [Semicolon] SEVENTEEN terjual 1.119.516.

[Gambas:Youtube]

7. Baekhyun EXO – Delight 1.023.587

Delight merupakan mini album kedua Baekhyun EXO yang dirilis pada 25 Mei 2020. Delight berhasil terjual lebih dari 1 juta kopi. Baekhyun merupakan solois pertama dalam 19 tahun terakhir yang mencapai rekor tersebut.

Kim Gun-moo merupakan solois terakhir yang mencapai rekor itu melalui album ketujuhnya pada 2001 lalu.

Album Delights terdiri dari tujuh lagu dengan unsur musik R&B. Lewat album ini, Baekhyun ingin memberikan kegembiraan kepada banyak orang yang mendengarkannya.

“Dan karena saya memiliki kekuatan supernatural ‘light’ dalam EXO, saya ingin memasukkan ‘light’ juga dalam judul album solo. Saya memilih Delight untuk memberi kesan bahwa itu terhubung ke album debut solo saya, City Lights,” kata Baekhyun beberapa waktu lalu.

Mini album Delight Baekhyun EXO terjual 1.023.587.

[Gambas:Youtube]

(chri/has)


Next Post

Distrik di Beijing Lockdown akibat Kasus Baru Corona

Jakarta, Indonesia — Pemerintah Ibu Kota Beijing, China, menerapkan penguncian wilayah (lockdown) di dua distrik akibat kasus infeksi baru virus corona (Covid-19). Dilansir surat kabar China, Global Times, Rabu (30/12), perwakilan Badan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit di Beijing, Pang Xinghuo, menyatakan mereka menutup sementara wilayah Xidulan dan Donghaihong, dekat Jalan Lingkar […]