Breaking News in Indonesia

6 Manfaat Kopi Jamur, Cegah Kanker hingga Penuaan Dini

Jakarta, Indonesia —

Menikmati kopi di pagi hari bisa meningkatkan semangat. Aroma seduhan biji kopi di pagi hari juga menimbulkan efek relaksasi. Tak heran bila kopi jadi teman sarapan banyak orang.

Namun kopi juga punya citra buruk di beberapa kalangan. Bagi sebagian orang, kandungan kafein dalam kopi bisa menyebabkan rasa tidak nyaman.

Bagi yang tidak terbiasa, efek minum kopi dapat membuat jantung berdebar lebih cepat, sakit kepala, hingga sakit perut. Hal itu yang menyebabkan konsumsi kopi dihindari sejumlah orang.

Pilihan Redaksi
  • 5 Jenis Apel yang Bagus untuk Diet, Bantu Kontrol Berat Badan
  • 4 Manfaat Potensial Vitamin K untuk Kulit
  • 5 Manfaat Donor Darah yang Tak Terduga

Untuk menyiasatinya, Anda mungkin dapat coba beralih ke kopi jamur. Seperti dilansir Healthline, kopi jamur bisa menjadi alternatif yang lebih sehat daripada kopi biasa. Di samping itu, jamur sendiri memiliki beragam manfaat kesehatan.

Kopi jamur bukanlah kopi dengan jamur mengambang di atasnya. Kopi jamur merupakan campuran dari jamur yang digiling hingga lembut, lalu dikombinasikan dengan biji kopi. Rasa yang dihasilkan jadi lebih pekat, halus, dan meninggalkan sedikit rasa pedas setelahnya.

Jamur yang digunakan dalam kopi biasanya jenis jamur obat seperti jamur chaga, jamur ekor kalkun (turkey tail), jamur surai singa, dan jamur reishi atau ganoderma.

Kopi jamur disebut memiliki kandungan kafein yang lebih rendah daripada kopi biasa. Konsumsi kafein yang disarankan yakni sebanyak 400 miligram setiap hari. Konsumsi kafein dalam jumlah tersebut biasanya tidak menimbulkan efek samping, tapi berbeda bagi mereka dengan sensitivitas kafein.

Sementara kopi jamur lebih rendah kafein karena biji kopi dan bubuk jamur yang digunakan berjumlah sama. Bubuk jamur tidak mengandung kafein, sehingga asupan kafein jadi lebih sedikit dibanding kopi biasa.

Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan manfaat kopi jamur untuk kesehatan, tapi jamur obat terbukti memberikan manfaat. Berikut beberapa manfaat jamur obat yang bisa jadi bahan kopi Anda.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Healthline mengatakan, sebuah studi menunjukkan jamur ekor kalkun yang telah difermentasi dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi kopi dengan campuran jamur ekor kalkun bisa membantu Anda tetap sehat.

Bantu cegah kanker

Jamur obat seperti surai singa, reishi, ekor kalkun, dan chaga terbukti bisa menjadi terapi bagi pasien kanker. Karena mengandung antioksidan, konsumsi jamur obat ini pada kopi bisa mencegah penyakit kanker.

Anti alergi

Jamur chaga terbukti membantu melawan alergi. Kandungan dalam jamur chaga dapat menekan aktivitas sel kekebalan tubuh yang bertanggung jawab atas alergi terhadap makanan.

Mengurangi risiko penyakit jantung

Ekstrak jamur reishi disebut berpotensi mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Kolesterol yang rendah dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Bantu melawan stres

Selain rendah kafein, kopi jamur bisa membantu melawan stres. Ragam manfaat kopi jamur berasal karena kandungan jamur obat yang digunakan. Senyawa yang diekstrak dari jamur obat disebut adaptogen, dapat bekerja melawan efek stres pada tubuh.

Memperlambat penuaan

Dilaporkan The Healthy, jamur mengandung antioksidan tinggi. Senyawa ini berfungsi mencegah kerusakan sel dalam tubuh. Mencegah kerusakan sel berarti membantu mencegah beberapa jenis penyakit, juga mengurangi tanda penuaan.

(mel/agn)

[Gambas:Video ]