5 Tips Membuat Rumah Kembali ‘Hidup’ Menyambut Tahun Baru

Farah

Rumah bisa jadi lokasi yang tepat untuk memulai tahun yang baru. Revitalisasi rumah Anda dengan cara-cara sederhana berikut.

Jakarta, Indonesia —

Tahun baru sudah di depan mata. Semua orang tentu menginginkan situasi yang lebih baik di tahun 2021.

Awal tahun bisa dijadikan sebagai momen untuk membangun harapan atau memulai sesuatu yang lebih baik di masa mendatang.

Di mana tempat terbaik untuk memulai? Jawabannya adalah rumah, tempat Anda menghabiskan sebagian besar waktu yang dimiliki.

Rumah menjadi ruang bagi sebagian besar kehidupan Anda. Jadi, tak ada salahnya untuk memulai tahun 2021 dengan merevitalisasi rumah, dengan harapan untuk memberikan sesuatu yang lebih baik di masa mendatang.

Berikut tips merevitalisasi rumah untuk menyambut awal tahun, mengutip Parents.

1. Bereskan segala hal yang tak tertata di rumah

Ibarat charger ponsel, rumah adalah medium pengisi energi Anda. Alih-alih mengisi energi, rumah yang berantakan justru akan membuat Anda semakin kacau balau.

Ahli gaya hidup yang fokus pada teknik penataan rumah, Alejandra Costello menyarankan Anda untuk melakukan ‘dirty 30’. Nama terakhir merupakan metode membereskan ruangan yang tak tertata dalam waktu 30 menit.

“Setel pengatur waktu selama 30 menit, lalu letakkan semua [barang] di tempatnya. Jika Anda ternyata bisa menyelesaikannya dengan lebih cepat, maka Anda akan merasa tenang secara keseluruhan,” ujar Costello.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk menyisihkan barang-barang yang sudah tidak terpakai. Anda bisa menyumbangkannya atau mendaur ulang.

Lihat juga:

5 Cara Buat Rumah Sejuk Tanpa AC

2. Biarkan cahaya masuk

Cahaya alami punya kekuatan yang luar biasa dalam mendongkrak suasana hati, terutama saat Anda merasa gelisah atau menghadapi masa-masa yang sulit. Minimnya cahaya justru akan membuat Anda merasa sumpek dan semakin tak karuan.

Desainer interior, Alondra Alberti berbagi cara praktis untuk mendapatkan banyak cahaya bagi Anda yang tak memiliki banyak jendela di rumah. Taruh cermin tepat di seberang jendela. Biarkan cermin memantulkan sinar matahari dan membuat seluruh ruangan terasa lebih cerah.

3. Perhatikan aroma

Kehadiran aroma tertentu dapat membuat kita merasa segar, rileks, dan bahkan dicintai. Maka dari itu, tak ada salahnya jika Anda menambahkan aroma-aroma tertentu dalam rumah.

Pilih aroma yang mengingatkan Anda pada sesuatu atau seseorang yang dicintai untuk membuat ruangan terasa lebih hangat dan menenangkan.

Anda boleh mencoba resep berikut:
1/2 liter air hangat
4 sdm cuka
20 tetes minyak esensial lemon
20 tetes minyak esensial lavender

Lihat juga:

5 Tips Menjaga Suhu Kulkas agar Makanan Tak Cepat Busuk

4. Hadirkan tanaman

Alberti mengatakan, menanam sayuran atau tanaman sangat lah penting. “Kita perlu melihat tanda-tanda kehidupan lainnya, terutama saat kita begitu terkurung,” kata dia.

Menyaksikan makhluk hidup bermekaran, lanjut dia, membuat kita menyadari kenyataan bahwa waktu akan berlalu. Setiap hari adalah awal yang baru.

5. Bersihkan debu

Banyak area yang kerap terlupakan saat Anda membersihkan ruangan, seperti tiang-tiang yang ada di ruangan, gagang pintu, bingkai foto, dan barang-barang kecil lainnya.

Jangan lupa membersihkan debu-debu yang kerap tertinggal untuk mengawali tahun baru yang lebih baik.

(asr)

[Gambas:Video ]


Next Post

Grebek Rumah Simpatisan FPI di Sidoarjo, Aparat Gabungan Turunkan Spanduk Rizieq

Usai diumumkannya FPI sebagai ormas terlarang, petugas gabungan dari TNI, Polri dan Satpol PP mendatangi sebuah rumah warga di Mojosantren, Kemasan, Krian, Sidoarjo, Rabu (30/12) malam. Kedatangan petugas, karena rumah yang diketahui milik simpatisan FPI, Mahsyar terdapat spanduk bergambar Habib Rizieq Syihab dan bertuliskan, 'Silahkan Ajak Semua Orang Untuk Membenci […]