5 Manfaat Daun Jeruk Purut: Merawat Rambut hingga Usir Nyamuk

Farah

Tak hanya sebagai penambah aroma masakan, manfaat daun jeruk purut untuk berbagai hal juga bisa Anda dapatkan.

Jakarta, Indonesia —

Dalam kuliner khas Indonesia, daun jeruk purut jadi salah satu rempah yang nyaris tidak pernah absen. Tak hanya dijadikan bumbu masakan, manfaat daun jeruk purut untuk kesehatan juga bisa Anda dapatkan.

Tidak hanya di Indonesia, jeruk purut banyak ditemukan di negara-negara di Asia Tenggara. Tumbuhan bernama ilmiah Citrus hystrix ini mampu memberikan beragam manfaat.

Berikut lima manfaat daun jeruk purut.

1. Menghilangkan bau mulut

Mengutip dari Health Benefits Times, jeruk purut bisa membantu menjaga kesehatan mulut. Daun jeruk purut bisa digosokkan pada gigi dan gusi untuk mengurangi bakteri sehingga mulut sehat dan bau mulut hilang.

Sebuah penelitian juga pernah menemukan, lembaran dari campuran daun jeruk purut dan jambu bisa melawan bau bawang putih. Daun jeruk purut diketahui memiliki komponen antibakteri di dalamnya.

2. Mengatasi masalah pencernaan

Seperti daun serai juga rempah lain, daun jeruk purut juga mengandung komponen antiinflamasi. Komponen ini mampu menstimulasi sistem pencernaan, terlebih saat timbul masalah. Daun jeruk purut bisa dijadikan minuman herbal dengan cara dikeringkan dan diseduh dengan air panas.

Jika Anda memiliki masalah pencernaan seperti konstipasi atau rasa tidak nyaman di perut, daun jeruk purut akan membantu membersihkan saluran cerna.

Lihat juga:

Manfaat Buah Mangga, Tingkatkan Imun hingga Kaya Antioksidan

3. Merawat rambut dan kulit kepala

Daun jeruk purut juga bisa digunakan untuk perawatan rambut dan kulit kepala. Daun jeruk purut bisa mengurangi minyak di kulit kepala, menguatkan akar rambut, dan mengurangi ketombe.

Selain itu, daun jeruk purut juga dapat membuat rambut lebih bercahaya. Caranya, gunakan rebusan daun jeruk purut yang sudah didinginkan dan oleskan pada rambut.

4. Membuat pikiran rileks

Alasan utama penggunaan daun jeruk purut untuk masakan adalah aromanya. Kuliner Thailand yang dominan asam-pedas begitu pas dengan tambahan daun jeruk purut. Aroma daun jeruk purut tak pelak bisa membuat pikiran lebih segar dan rileks.

Tidak heran jika daun jeruk purut dimanfaatkan sebagai bahan aroma terapi. Cukup petik dua atau tiga lembar daun, remas sedikit, dan cium aromanya.

5. Mengusir nyamuk

Aroma daun jeruk purut yang menyegarkan ini rupanya tidak disukai nyamuk. Daun pun bisa Anda manfaatkan jadi pengusir nyamuk berkat kandungan citronellol dan limonene di dalamnya. Tidak hanya nyamuk, serangga-serangga lain pun bisa menjauh. Tumbuk jeruk purut dan diletakkan di titik-titik tertentu di rumah.

(els/asr)

[Gambas:Video ]


Next Post

Pengaruh Kemenangan Trump atau Biden bagi Timur Tengah

Jakarta, Indonesia — Sebagai salah satu negara berpengaruh di dunia, hasil Pilpres AS 2020 tak cuma berdampak di dalam negeri. Namun juga punya efek besar pada negara-negara lain. Salah satunya di Timur Tengah. Hampir semua negara di sana, kecuali Iran, memiliki hubungan diplomatik dengan AS. Pengaruh AS kuat dalam beberapa isu, […]