5 Kasus Kesehatan Paling Aneh Selama 2020

Farah

Pandemi Covd-19 boleh jadi kasus kesehatan yang paling disorot selama 2020. Namun, selain virus corona terdapat sejumlah kasus kesehatan teraneh selama 2020.

Jakarta, Indonesia —

Pandemi Covid-19 boleh jadi kasus kesehatan yang paling disorot selama 2020. Namun, selain virus corona terdapat sejumlah kasus kesehatan teraneh selama 2020.

Kasus kesehatan ini merupakan hal langka yang terjadi karena beberapa penyebab. Berikut kasus kesehatan teraneh selama 2020.

1. Kencing hijau
Seorang pria berusia 62 tahun di Chicago, Amerika serikat mengeluarkan air kencing atau urine yang berwarna hijau.

Dalam The New England Journal of Medicine, peneliti menduga air kencing berwarna hijau ini terjadi karena efek samping yang sangat jarang dari beberapa obat. Diketahui beberapa hari sebelumnya, pria tersebut diberi obat anestesi bernama propofol. Warna urine pria ini kembali normal setelah pengaruh obat menghilang.

2. Batu kapur di usus
Seorang perempuan dilarikan ke ruang gawat darurat karena sakit perut dan muntah. Setelah dioperasi, dokter menemukan batu kapur dengan ukuran panjang 4 cm di dalam ususnya.

Berdasarkan laporan di jurnal BMJ Case Reports, diketahui batu itu telah hidup berkembang atau membesar dalam tubuh perempuan itu hampir sepanjang hidupnya.

3. Kandung kemih memproduksi bir
Kandung kemih seorang perempuan berubah memproduksi alkohol, layaknya bir. Padahal perempuan itu sama sekali tidak sedang minum alkohol.

Setelah pemeriksaan, dokter menemukan bahwa terdapat mikroba di kandung kemih wanita tersebut sehingga memfermentasi glukosa menjadi alkohol.

4. Organ yang berpindah
Normalnya, organ manusia berada di tempat yang sama setiap saat. Namun, berbeda dengan kondisi langka yang dialami seorang perempuan di Michigan, AS. Limpa perempuan itu berpindah-pindah ke bagian tubuh lain selama 48 jam.

Dalam The New England Journal of Medicine, limpa perempuan itu berpindah dari kuadran kiri atas perut ke kuadran kanan bawah.


5. Tiga ginjal

Seorang pria di Brasil mengejutkan dokternya saat melakukan pemeriksaan bahwa dia tidak memiliki dua ginjal melainkan tiga ginjal. Ginjal yang tampak normal itu terletak satu di sisi kiri dan dua ginjal menyatu di dekat panggul.

Memiliki tiga ginjal merupakan kasus yang sangat langka. Dikutip dari Live Science tercatat hanya ada 100 kasus yang dilaporkan dalam literatur medis.

(ptj/chs)

[Gambas:Video ]


Next Post

MOIBA Helps New Markets Overseas Expansion of Domestic Digital Contents Companies

Digital Content Korea Online Expo 2020 successfully completes Seoul, Korea – Digital Content Korea Online Expo 2020, hosted by Korea Mobile Internet Business Association (MOIBA) (President: Koh Jean) to help the expansion of domestic companies overseas and new markets had wrapped up in success. Digital Content Korea Online Expo 2020 had […]