1,1 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca Tiba di Indonesia Sore Ini

Farah

Jakarta, Indonesia —

Sebanyak 1,1 juta dosis vaksin covid-19 jadi asal perusahaan farmasi Inggris, AstraZeneca direncanakan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (8/3) pukul 18.30 WIB nanti.

Pengiriman vaksin ini melalui skema kerjasama multilateral Aliansi Global untuk Vaksin dan Imunisasi (GAVI) COVAX Facility. Fasilitas tersebut merupakan kerjasama pengembangan vaksin antara Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan GAVI.

Selain itu, pengadaan vaksin melalui skema GAVI sifatnya gratis untuk pemerataan akses negara miskin dan berkembang mendapatkan vaksin Covid-19.

“Dari AstraZeneca produk jadi, melalui skema COVAX,” kata Juru Bicara Vaksinasi dari Bio Farma Bambang Heriyanto saat dikonfirmasi Indonesia.com, Senin (8/3).

Dihubungi terpisah, Juru Bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi turut menambahkan, jutaan dosis vaksin dari AstraZeneca itu sebelunya telah disepakati sesuai dengan surat dari GAVI yang diteken pada Jumat 29 Januari lalu.

“Iya, 1,1 juta ya dari COVAX,” kata Nadia melalui pesan singkat.

Berdasarkan studi dan uji klinis, AstraZeneca aman digunakan untuk lansia diatas 60 tahun. Kondisi itu menurut Nadia diharapkan dapat menekan angka kematian di Indonesia yang rata-rata didominasi lansia.

Nadia juga mengatakan dengan kerjasama kedatangan vaksin ini, maka semakin menunjang target pemerintah untuk melakukan vaksinasi terhadap 181,5 juta penduduk Indonesia guna menciptakan herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus.

Lihat juga:

Menkes: Vaksinasi Covid-19 Mandiri Bukan untuk Tujuan Bisnis

Kedatangan vaksin itu juga telah sesuai dengan pernyataan Nadia pada awal Februari lalu. Nadia mengatakan GAVI telah mengkonfirmasi pengiriman vaksin ke Indonesia dengan alokasi tahap awal sebesar 13,7 juta hingga 23,1 juta dosis vaksin AstraZeneca.

Pengiriman vaksin itu akan melalui dua tahap, yakni kuartal I sebanyak 25-35 persen dan kuartal II sebanyak 65-75 persen dari alokasi tahap awal tersebut.

(khr/psp)

[Gambas:Video ]


Next Post

Angkasa Pura II Digugat PKPU Oleh 2 Perusahaan

Jakarta, Indonesia — PT Angkasa Pura II (Persero) Cabang Bandara Husein Sastranegara, Bandung, digugat Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) Pengadilan Niaga Jakarta Pusat. Gugatan diajukan oleh dua perusahaan yakni PT Bunga Tanjung Raya dan PT Pharmakasih Sentosa pada 2 Maret 2021 dan terdaftar dengan nomor perkara 103/Pdt.Sus-PKPU/2021/PN Jkt.Pst. Pada petitum gugatan, termohon […]