Tekan Hama Tanaman, Masyarakat Kediri Lepas Satwa Predator

Irene

Puluhan warga dari berbagai komunitas di Kabupaten Kediri melepaskan seratusan hewan predator ke alam bebas, Minggu (28/6). Langkah ini dilakukan untuk membasmi hama tanaman secara alami.

Tak hanya mengembalikan keseimbangan ekosistem lingkungan, aksi tersebut juga bertujuan menciptakan kampung satwa yang dapat mendatangkan wisatawan serta sarana edukasi bagi generasi muda.

Pelepasan satwa ini diinisasi warga Desa Mlati, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri yang tergabung dalam komunitas peduli lingkungan dan satwa asli atau kopling. Aksi tersebut dilatarbelakangi adanya serangan hama tanaman yang mengakibatkan penurunan produktivitas pertanian.

Masyarakat Desa Mlati yang 80 persen menggantungkan hidup pada sektor pertanian tidak dapat menikmati panen karena serangan hama. Melalui pengendalian secara alami tersebut diharapkan menekan biaya pembelian insektisida dan meningkatan kualitas pertanian yang dihasilkan.

Adapun jenis satwa yang dilepaskan berupa aneka burung pemangsa serangga, musang, biawak serta ular sebagai musuh tikus.

“Ratusan ekor hewan predator yang dikumpulkan secara swadaya ini diharapkan mampu mengembalikan kerusakan ekosistem, akibat perburuan liar. Masyarakat juga memasang papan pengumuman larangan berburu di sejumlah sudut desa dan melibatkan diri dalam aksi penjagaan satwa,” kata Imam Saifudin /Ketua Kopling Desa Mlati.

Pelepasan satwa ini juga melibatkan lintas komunitas dan pejabat pemerintahan desa setempat. Aksi semacam ini akan dilakukan secara rutin dilakukan untuk menciptakan sebuah kampung satwa yang mampu mengundang wisatawan untuk datang. Untuk itu warga berharap adanya kepedulian instansi terkait untuk menambah keragaman jenis satwa yang nantinya bisa menjadi sarana edukasi bagi generasi penerus. [noe]

Next Post

Pasien Covid-19 di Lebak Banten Tersisa Delapan Orang

Pasien positif terjangkit Covid-19 di Kabupaten Lebak, Banten, tersisa delapan orang. Mereka masih dalam perawatan medis RSUD Banten. “Kami berharap mereka segera lekas sembuh dan bisa kembali berkumpul bersama keluarga,” kata Juru Bicara Tugas Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Lebak dr Firman Rahmatullah di Lebak, seperti dilansir Antara, Minggu (28/6). […]