Tak Ada CFD, Warga Tetap Ramaikan Thamrin-Bundaran HI

Farah

Kawasan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau populer dikenal dengan Car Free Day (CFD) daerah Thamrin sampai Bundaran Hote Indonesia (HI) masih ramai orang yang berolahraga.

Jakarta, Indonesia —

Warga tetap meramaikan kawasan Thamrin-Bundaran HI, meskipun kawasan hari bebas kendaraan bermotor atau dikenal CFD ditiadakan di kawasan tersebut. CFD disebar ke berbagai titik demi mengurangi kerumunan warga.

Berdasarkan pantauan Indonesia.com, pukul 07.30 WIB, Minggu (28/6), banyak warga beraktivitas olahraga, mulai dari jalan santai, berlari hingga bersepeda. Padahal, kendaraan bermotor, roda empat maupun sepeda motor, tampak melintas.

Warga yang lalu lalang tampak asik. Sebagian berjalan di bahu jalan, sebagian lain berkelompok berjalan di lajur kendaraan bermotor. Di antara mereka terlihat hanya menggantungkan masker di leher atau dagu.

Beberapa orang juga tampak tak menjaga jarak satu dengan yang lainnya. Padahal, memakai masker dan jaga jarak adalah protokol wajib di tatanan kehidupan normal baru (new normal).

Tidak cuma itu, para pengunjung kerap berhenti atau beristirahat di bahu jalan, sehingga tercipta kerumunan.

Petugas yang berjaga, mulai dari Dinas Perhubungan (Dishub, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Polisi, hingga TNI, tidak segan mengingatkan warga yang melanggar protokol.

“Mas, tolong jangan berkerumun,” ujar petugas mengingatkan.

Kawasan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau populer dikenal dengan Car Free Day (CFD) daerah Thamrin sampai Bundaran Hote Indonesia (HI) masih ramai orang yang berolahraga.Kawasan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau populer dikenal dengan Car Free Day (CFD) daerah Thamrin sampai Bundaran Hote Indonesia (HI) masih ramai orang yang berolahraga. ( Indonesia/ Nadhen Ivan).

Sementara itu, kendaraan pribadi atau umum terlihat melintas di sepanjang kawasan Thamrin-Bundaran HI. Lalu lintas kendaraan bersampingan dengan aktivitas warga.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, menerangkan kawasan Sudirman-Thamrin tidak lagi berlaku HBKB atau CFD, sehingga kendaraan bebas melintas.

Meski boleh dilalui kendaraan bermotor, Pemprov DKI Jakarta tetap membolehkan warga yang ingin berolahraga.

“Sudirman-Thamrin kendaraannya tidak tertutup, karena HBKB ditiadakan. Hari Minggu besok tidak ada penutupan lalu lintas,” ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo.

Lihat juga:

SIM Keliling Minggu 28 Juni Tersedia di Dua Lokasi

Pada hari pertama CFD, Minggu (21/6) lalu, warga membludak di kawasan tersebut hingga ribuan orang.

Demi menghindari kejadian serupa, Pemprov DKI Jakarta akhirnya menyebar lokasi kawasan CFD ke 32 titik di berbagai wilayah administratif.

Rinciannya, 8 titik di Jakarta Pusat, 5 titik di Jakarta Timur, 6 titik di Jakarta Utara, 8 titik di Jakarta Barat, dan 5 titik di Jakarta Selatan.

(ndn/bir)

[Gambas:Video ]

Next Post

Ikut CFD di Antasari, Masyarakat Wajib Ukur Suhu Tubuh

Jakarta, Indonesia — Masyarakat yang hendak berolahraga di Car Free Day (CFD) di Jalan Layang Non Tol (JLNT) Antasari, Jakarta Selatan, Minggu (28/6), wajib melalui pengecekan suhu tubuh. JLNT Antasari menjadi salah satu wilayah di Jakarta Selatan yang menjadi tempat baru CFD usai hari bebas kendaraan bermotor di Sudirman-Thamrin ditiadakan. […]